Harga Tiket Taman Kemesraan Pujon, Spot Wisata Kekinian Instagenic




Wahana Taman Kemesraan Pujon (sumber: travelingyuk.com)
Wahana Taman Kemesraan Pujon (sumber: travelingyuk.com)

Malang Raya seolah tidak pernah kehabisan spot wisata keren. Setelah sebelumnya dengan berbagai pantai eksotis, air terjun magis dan memesona, serta dan bukit elok, saat ini hadir sejumlah kekinian yang pas dijadikan tempat dan foto-foto. Nah, salah satu taman yang dapat dikatakan baru dan langsung menarik minat traveler milenial adalah Taman Kemesraan yang berlokasi di kawasan Pujon.

Nama Kecamatan Pujon sebagai lokasi liburan memang sudah terkenal sejak dulu. Di tempat ini, berdiri Coban Rondo, sebuah wana wisata sekaligus kawasan pelestarian alam yang memiliki potensi flora, fauna, dan ekosistem.[1] Selain itu, Anda mungkin juga sudah sering mendengar tentang Pujon Kidul yang telah menjadi desa wisata dengan potensi wisata seperti Air Terjun Sumber Pitu, agrowisata petik sayur dan buah, tracking Kawi, wisata outbound, kesenian sadukan, kesenian kuda lumping, sentra olahan susu, hingga wisata edukasi ternak sapi.[2]

Lokasi dan Taman Kemesraan

Selain itu, baru-baru ini Kecamatan Pujon juga menghadirkan wisata kekinian bernama Taman Kemesraan. Dibuka pertama kali pada Juli 2020, ketika Indonesia dilanda wabah COVID-19, taman tersebut berlokasi di Jalan Dadapan Wetan, Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, , dan masih berada dalam area pengelolaan Perhutani KPH Malang BKPH Pujon RPH Kedungrejo.

Taman Kemesraan Pujon (sumber: explorewisata.com)
Taman Kemesraan Pujon (sumber: explorewisata.com)

Seperti namanya, taman ini menghadirkan suasana yang nyaman cenderung syahdu, pas bagi mereka yang datang bersama pasangan. Ketika sampai di tempat ini, Anda akan menemukan banyak pepohonan hijau yang rindang serta perbukitan yang asri. Tak hanya memanjakan sejauh mata memandang, Taman Kemesraan juga menghadirkan udara yang sejuk khas pegunungan sehingga tepat dijadikan lokasi refreshing dan menghilangkan penat.

Lihat Juga:   Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Penangkaran Rusa Bawean

Untuk mereka yang doyan foto-foto atau selfie, Taman Kemesraan menjadi tempat yang cocok menyalurkan hobi tersebut. Karena pengelola sudah membekali taman ini dengan berbagai spot foto Instagramable. Spot ikonik yang tidak boleh dilewatkan adalah Patung Kamajaya dan Dewi Ratih, merupakan tokoh yang konon mencerminkan kerukunan dan kemesraan pasangan suami-istri.

Spot foto lainnya yang tidak boleh dilewatkan wisatawan adalah patung Lingga Yoni. Dilansir dari akun Instagram resmi Taman Kemesraan, Lingga adalah simbolisasi perwujudan dari alat kemaluan pria, sedangkan Yoni merupakan simbolisasi dari alat kelamin wanita. Namun, alih-alih vulgar, patung keduanya justru tampil unik, yang dibalut dengan warna merah.

Tidak hanya untuk foto-foto, Taman Kemesraan juga dapat menjadi destinasi yang pas bagi para orang tua yang ingin memperkenalkan budaya atau kultur Jawa kepada buah hati mereka. Pasalnya, tempat ini memang merupakan objek wisata edukasi untuk memperkenalkan budaya Jawa, yang dapat dilihat dari replika patung dan bangunan yang terlihat seperti bercorak Hindu dan kerajaan.

Jika traveler bosan foto-foto, Taman Kemesraan juga sudah menyiapkan sejumlah wahana yang mengasyikkan. Pengunjung dapat mencoba berkeliling danau buatan yang dipenuhi ikan menggunakan perahu, berkunjung ke air terjun, menelusuri jembatan gantung, atau berenang di kolam yang sudah disediakan. Jika sudah puas bermain, wisatawan dapat beristirahat sambil menyantap kuliner di Warung Gatoloco.

Lihat Juga:   Deretan Penginapan di Sepinggan, Harga Relatif Terjangkau
Wahana Taman Kemesraan Pujon (sumber: liburanyuk.co.id)
Wahana Taman Kemesraan Pujon (sumber: liburanyuk.co.id)

Taman Kemesraan

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa berkunjung ke taman ini? Harga tiket masuk taman ini cukup terjangkau, cuma Rp15.000 per orang, dan pengunjung sudah bisa berfoto, berenang, atau mendayung di hamparan danau buatan. Sementara, apabila wisatawan ingin menginap, sudah disediakan tenda kemah dengan Rp175 ribuan per malam berkapasitas 4 orang (belum termasuk tiket masuk). Taman Kemesraan sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Wisata Alam Kekinian Lainnya di Malang

Selain Taman Kemesraan, Malang Raya juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam kekinian lainnya yang tidak kalah kece. Masih di Kecamatan Pujon, Anda dapat berkunjung ke Taman Labirin di area Coban Rondo atau Bukit Nirwana. Sementara, jika ingin menuju Malang bagian utara, Anda menemukan Bukit Kuneer yang terletak di dalam area Kebun Teh Wonosari. Ada pula De Tjangkul yang berada di Kawasan Wisata Kusuma Agro, Kota Batu.

[1] Muttaqin, Tatag. 2013. Kajian Pengembangan Dusun Konservasi dan Wisata di Wana Wisata Cuban Rondo Kabupaten Malang. Jurnal Humanity, Vol. 8(2): 106-120.

[2] Prabowo, Septiofera Eresus, Djamhur Hamid, Arik Prasetya. 2016. Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 33(2): 18-24.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan