Harga Tiket Masuk dan Tarif Penginapan di Kaligua, Brebes

Kaligua Brebes - id.wikipedia.org

Kabupaten selama ini mungkin lebih dikenal sebagai daerah penghasil bawang dan telur asin. Namun, wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan objek wisata menarik, salah satunya Kaligua. Terletak di bagian selatan, Kaligua merupakan agrowisata yang dikelola oleh PTPN IX dan dengan tiket masuk mulai Rp8.000, bakal merasakan sensasi mirip di Puncak, .

Kaligua Brebes - id.wikipedia.org

Kaligua Brebes – id.wikipedia.org

Agrowisata Kaligua berlokasi di sebelah barat kaki Slamet, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Objek wisata ini terletak di ketinggian 1.500 meter sampai 2.050 meter dari permukaan laut. Karena itu, tidak mengherankan jika suhu udara di tempat tersebut cukup dingin, berkisar 8 derajat sampai 28 derajat Celcius.

Jika wisatawan berangkat dari Brebes, perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi menuju arah Purwokerto, melewati Bumiayu. Setelah memasuki Kecamatan Paguyangan, pengunjung bisa mengambil jalur menuju Desa Pandansari di sisi kiri jalan utama Brebes-Purwokerto. Dari spot ini, perjalanan ke Kaligua masih sekitar 1,5 jam sampai 2 jam berkendara, dengan kondisi jalan semakin menanjak yang tidak terlalu mulus.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan di atas bukit yang sedikit berkabut dengan udara yang semakin terasa sejuk. Kebun sayur-mayur nan ranum yang terhampar juga bakal menghiasi pemandangan sepanjang perjalanan. Setelah itu, pemandangan akan berganti menjadi pepohonan pinus dan damar, hingga titik tempat Cagar Alam Tlogo Ranjeng.

Lihat Juga:   Islamic Center, Gedung Serbaguna dengan Fasilitas Penginapan di Bekasi

Dari Telaga Ranjeng, perjalanan menuju Agrowisata Kaligua sudah tidak terlalu jauh lagi. Semakin tinggi, udara terasa semakin dingin dan segar. Pemandangan hutan pinus berganti menjadi hamparan kebun teh. Cangkir raksasa bertuliskan “Teh Kaligua” menjadi ikon sekaligus pertanda bahwa Anda sudah memasuki Kebun Kaligua. Perjalanan masih berlanjut melewati bukit-bukit sampai akhirnya tiba di tempat parkir objek wisata.

Panorama dan Kaligua

Kebun Kaligua sebenarnya merupakan perkebunan teh peninggalan zaman Belanda dan sekarang menjadi milik PT. Perkebunan Nusantara IX. Karena potensi alamnya yang indah, kebun ini sekaligus difungsikan sebagai tempat wisata agro. Pengunjung bisa memilih tempat wisata di antaranya Goa Jepang, Tuk Bening, air terjun, wisata permainan, dan petualangan. Di samping banyak pilihannya, letaknya juga berdekatan antara satu dengan yang lainnya sehingga mudah dijangkau.

Tak jauh dari tempat memarkir kendaraan, Anda sudah bisa menikmati pemandangan kebun teh. Ada fasilitas gazebo yang disediakan untuk tempat duduk-duduk. Ada pula sungai kecil yang mengalir ke kolam untuk bermain perahu bebek. Bagi yang punya sedikit nyali, bisa mencoba untuk bermain flying fox di atas hijaunya kebun teh. Jaraknya memang tidak terlalu jauh, tetapi cukup membuat jantung berdegup.

Lihat Juga:   Cottage Unik di Lembah Hijau Lampung, Mulai Rp750 Ribuan

Tiket Masuk Kaligua

Pada tahun 2015 lalu, harga tiket masuk ke agrowisata Kaligua dipatok Rp5.000 per orang. Kini, masuk ke tempat ini naik menjadi Rp8.000 per orang. tersebut belum termasuk tiket masuk ke Goa Jepang dan Tuk Bening yang ditetapkan masing-masing Rp3.000 per orang, atau camping rombongan yang ditetapkan sebesar Rp8.000 per orang.

di Kaligua

Selain fasilitas permainan, agrowisata Kaligua juga telah dilengkapi dengan akomodasi penginapan. Berikut daftar penginapan yang ada di objek wisata tersebut.

Penginapan Tarif per Malam (Rp)
Amarilis 500.000 (per wisma)
Dahlia 600.000 (per wisma)
Anggrek 250.000 (per )
Kenanga 250.000 (per kamar)
Flamboyan 200.000 (per kamar)
Asselia 200.000 (per kamar)
Mawar 300.000 (per kamar)
Pelajar 50.000 (per kamar)

Daftar tarif penginapan di atas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor 08122999669.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>