Pilihan dan Harga Penginapan di Lotu, Nias Utara




Hotel Kaliki - www.pegipegi.com
Hotel Kaliki - www.pegipegi.com

Apabila Anda sedang berkunjung ke Utara, jangan lupa mampir ke kawasan Nias Utara. Ini adalah sebuah kabupaten di provinsi tersebut yang punya banyak tempat wisata oke, termasuk danau, , hingga pantai. Masalah penginapan pun tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa representatif yang tersebar di sejumlah daerah, termasuk di Kecamatan Lotu.

Berbicara mengenai wisata di Sumatera Utara, tempat yang eksotis bukan cuma Medan dan Samosir. Anda pun bisa menuju Pulau Nias, terutama mereka yang doyan berwisata air. Pasalnya, Pulau Nias telah dikenal sebagai tempat berselancar yang memiliki ombak yang bagus dan bahkan sempat menjadi tuan rumah Indonesia Open Surfing Championship.[1] Bahkan, pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut sering disebut-sebut sebagai lokasi berselancar terbaik setelah Hawai.

Tidak hanya alamnya yang oke, Pulau Nias juga punya kekayaan budaya yang menarik. Anda pasti sudah pernah mendengar tentang lompat batu (hombo batu), yang merupakan salah satu budaya setempat yang cukup terkenal. Dalam lompat batu khas Nias ini, seorang pria melompat di atas sebuah tumpukan batu dengan ketinggian lebih dari 2 meter, yang bertujuan menunjukkan kedewasaan seorang pria.[2] Lompat batu ini sendiri dapat disaksikan di antaranya di Desa Bawomataluo dan Desa Hilisimaetano.

Tarian perang Pulau Nias juga sangat menarik untuk disaksikan. Para penari mengenakan pakaian tradisional, yang terbuat dari sabut ijuk dan serat kulit kayu, sedangkan kepala mereka dihiasi dengan bulu burung, dan tangannya membawa tombak dan perisai. Tarian perang Pulau Nias ini dilakukan oleh minimal 12 pria, tetapi umumnya 100 orang, dengan gerakan yang sangat kuat.[3]

Nah, apabila Anda tertarik mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Nias, serta kebetulan datang dari luar daerah, tidak perlu merisaukan akan menginap di mana. Pasalnya, di berbagai pelosok pulau ini, sudah tersedia sejumlah akomodasi yang cukup representatif, seperti Mega Nasional Hotel & Restaurant dan Hotel Kaliki di Gunungsitoli atau Jamburae Lodge di Nias Selatan.

Lihat Juga:   Penginapan Krisna, Akomodasi Sederhana dan Murah di Bungurasih

Alternatif lainnya, Anda pun bisa berburu di kawasan Lotu, Kabupaten Nias Utara. Meskipun jumlahnya memang cukup minim, tetapi dapat dijadikan pilihan lokasi bermalam karena menawarkan suasana yang cenderung sepi sehingga relatif nyaman serta harga sewa yang dapat dikatakan cukup terjangkau. Lalu, apa saja penginapan yang sudah tersedia di Lotu, Nias Utara?

Mega Nasional Hotel & Restaurant - www.booking.com
Mega Nasional Hotel & Restaurant – www..com

Penginapan Gratia

Tempat bermalam ini terletak di Jalan Lotu No. 1, Desa Hilidundra, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Penginapan Gratia menjadi salah satu yang dapat Anda temukan di daerah Kecamatan Lotu. Meski demikian, lokasinya sangat strategis karena berada tidak jauh dari sejumlah pantai, seperti Pantai Tureloto, Pantai Lafau, dan Pantai Teluk Bengkuang.

Secara tampilan, bangunan Penginapan Gratia memang sangat sederhana, tidak ada hal yang spesial. Berdiri di dekat perkebunan, akomodasi ini menempati gedung satu lantai dengan warna putih di bagian eksterior. Meski demikian, fasilitas yang disediakan cukup lumayan, mencakup akses kafe dan kantin, akses Wi-Fi gratis, parkir kendaraan gratis, sewa motor harian, hingga tour guide dan antar-jemput Binaka Gunungsitoli dengan biaya tambahan.

-kamarnya disusun secara berderet dan langsung menghadap area parkir kendaraan. Ukuran kamarnya pun bisa dikatakan tidak cukup lapang, hanya mampu memuat satu hingga dua orang tamu. Namun, fasilitas yang ditawarkan dapat dikatakan cukup memadai, seperti kamar mandi dalam, pendingin ruangan berupa kipas angin atau AC, dan spring bed yang nyaman.

Lalu, berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk bisa bermalam di Penginapan Gratia? Sayangnya, ketika artikel ini ditayangkan, belum ada bocoran mengenai tarif kamar akomodasi tersebut. Pengelola pun tidak bersedia memberikan rincian harga sewa kamarnya. Nah, untuk mengetahuinya, Anda dapat datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0852 7061 4492 baik lewat telepon maupun WhatsApp.

Lihat Juga:   Penginapan Desa Wisata Mulyorejo, Homestay Simpel Dekat Gunung Banyak & Coban Rondo

TC Osse’da

Penginapan ini beralamat di Jalan Gowezalawa, Fadoro Fulolo, Lotu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Jika bertolak dari Pasar Gunungsitoli, perlu menempuh perjalanan sejauh 37 km atau sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Sementara, apabila bertolak dari Pasar Lahewa, dapat berkendara sekitar 30 menit untuk sampai di tempat ini.

Sebenarnya, TC Osse’da merupakan salah satu wahana rekreasi air yang cukup baru di kawasan Nias. Meski demikian, selain menyediakan kolam renang dan kafe serta spot foto dan pondok singgah, pengelola juga sudah menyiapkan sejumlah akomodasi bagi wisatawan yang kebetulan datang dari jauh dan membutuhkan lokasi beristirahat dan bermalam.

Menurut review sejumlah traveler, akomodasi yang disediakan di TC Osse’da terbilang cukup nyaman dan cocok dijadikan tempat beristirahat. Fasilitas yang ditawarkan pun lumayan memadai, termasuk kasur spring bed, kamar mandi pribadi, dan pendingin ruangan. Apabila Anda membutuhkan informasi harga sewa kamar, Anda dapat menghubungi pengelola lewat nomor ponsel 0852 0605 9397.

TC Osse’da - @Darnasyam Harefa
TC Osse’da – @Darnasyam Harefa

[1] Zebua, Angelia Ester. 2017. Kajian Potensi Kawasan Ekowisata Bahari Pantai Tureloto Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara (Skripsi). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau.

[2] Maru’ao. Nursayani. 2014. Analisis Penyebab Menurunnya Penerapan Fangowai dan Fame’e Afo dalam Pesta Adat Perkawinan di Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara: Kajian Sosiolinguistik (Tesis). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

[3] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan