Tarif Affordable, Ini Rekomendasi Penginapan di Singaparna




Wisma Dewi Hotel - @Dudy Aja
Wisma Dewi Hotel - @Dudy Aja

Ingin mencari oleh-oleh saat berkunjung ke Tasikmalaya? Singaparna mungkin bisa menjadi referensi yang menarik karena di sini terdapat sentra dodol sirsak yang dijamin membuat lidah Anda tidak berhenti bergoyang. Sayangnya, untuk mengakomodasi kunjungan wisatawan dari luar daerah, jumlah penginapan di kawasan ini bisa dibilang masih minim.

Singaparna sendiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, , sekaligus sebagai pusat pemerintahan kabupaten. Sebenarnya, secara , Singaparna berada di tempat yang strategis dan menjadi wilayah yang cukup penting di Tasikmalaya. Pasalnya, lokasinya berada di jalur utama penghubung antara satu kota dengan kota lainnya, sehingga tidak jarang ditemui kemacetan lalu lintas, terutama di sekitar bundaran alun-alun.[1]

Meski demikian, apabila Anda sedang berburu oleh-oleh saat berlibur ke Tasikmalaya, Singaparna bisa menjadi rujukan yang menarik. Pasalnya, di Desa Singaparna, Anda bisa mendapatkan dodol sirsak khas daerah dengan rasa yang legit. Bahkan, Singaparna dikatakan sebagai daerah penghasil dodol sirsak terbesar di Tasikmalaya, dengan produksi mencapai 15.080 kg dodol dari penggunaan bahan baku sebanyak 30.160 kg sirsak, menurut data tahun 2014 lalu.[2]

Sayangnya, bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Singaparna, mungkin tidak bisa dalam jangka waktu yang lama, terutama mereka yang kebetulan tidak punya kerabat dekat di Tasikmalaya. Pasalnya, di kawasan ini, belum tersedia banyak tempat menginap. Namun, apabila Anda tetap ingin berlibur ke kawasan tersebut, berikut kami sajikan rekomendasi akomodasi yang bisa dijadikan lokasi bermalam.

OYO 1268 Parahyangan

ini dapat Anda temukan di Jl. Raya Cigalontang No. 30, Singasari, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat. Ada beberapa lokasi kuliner yang berlokasi tidak jauh dari tempat ini, seperti Bengkel Jajanan (666 m), Kedai 104 (1,24 km), dan Kuliner Kupat Tahu Mangunreja (1,98 km). Sementara, apabila pelancong hendak bepergian ke Alun-Alun Kota Tasikmalaya, jarak dari properti berkisar 13,06 km.

Lihat Juga:   Daftar Alamat & No. Telepon Hotel Murah di Lamongan

Berselang sekitar 14 km dari Gunung Galunggung, OYO 1268 Hotel Parahyangan menawarkan -kamar yang sudah dilengkapi dengan AC. Selain itu, akomodasi ini juga menyediakan akses Wi-Fi gratis selama 24 jam, layanan meja depan 24 jam, layanan , teras di tiap , lemari pakaian, meja kerja, televisi, serta mandi pribadi plus toilet duduk dan wastafel.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa menginap satu malam di tempat ini? Sayangnya, pihak OYO selaku pengelola tidak memberikan keterangan resmi bermalam di hotel ini. Demikian juga ketika dicek di beberapa situs booking online. Nah, apabila Anda penasaran, Anda bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (021) 2970 7600.

OYO 1268 Hotel Parahyangan - www.booking.com
OYO 1268 Hotel Parahyangan – www.booking.com

Hotel Dewi Asri

Tempat inap ini terletak di Jalan Raya Timur No. 196, Cipakat, Singaparna, Tasikmalaya. Menurut penuturan para tamu yang pernah singgah, Hotel Dewi Asri dikatakan sebagai akomodasi yang cukup nyaman dengan yang . Selain itu, pemandangan yang ditawarkan dapat memanjakan mata, dengan taman hijau serta kolam ikan yang berlokasi persis di depan kamar.

Tarif Hotel Dewi Asri

KamarTarif per MalamFasilitas
Economic RoomRp200.000Fan
Standard B RoomRp300.000Fan, TV
Standard A RoomRp350.000Fan, shower, TV
Deluxe RoomRp400.000AC, bathtub, TV
Executive RoomRp450.000AC, bathtub, TV

Biaya sewa kamar Hotel Dewi Asri di atas kami rangkum dari keterangan resmi pihak penginapan. Perlu dicatat bahwa harga sewa kamar Hotel Dewi Asri tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal dan kebijakan pengelola. Apabila Anda berminat singgah, pemesanan dapat dilakukan melalui nomor telepon (0265) 545556.

Hotel Dewi Asri - @A. Tito Hanapiah
Hotel Dewi Asri – @A. Tito Hanapiah

Wisma Dewi Hotel

Akomodasi ini beralamat di Jalan Pancawarna No. 10, Singasari, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Wisma Dewi Hotel, menurut ulasan para pelancong yang pernah menginap, dikatakan sebagai penginapan yang cukup lumayan jika kebetulan Anda turun di Terminal Singaparna lewat larut malam karena Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 3 menit untuk tiba di properti ini.

Lihat Juga:   Penginapan Terdekat dari Farmhouse Susu Lembang, Bandung

Sebagai sebuah tempat bermalam, Wisma Dewi Hotel mengusung konsep yang sederhana, dengan bangunan berlantai dua yang tidak terlalu lapang. Di area depan, sudah tersedia lahan parkir yang dapat memuat beberapa mobil dan sepeda motor. Sementara, kamar-kamarnya sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti televisi 14 inch, lemari pakaian, ranjang tipe double atau single, meja dan cermin rias, dan AC atau kipas angin.

Untuk bisa menginap di tempat ini, wisatawan hanya perlu membayar tarif Rp150 ribuan per malam di kamar tipe ekonomi. Sementara, tipe kamar di atasnya disewakan dengan biaya berkisar Rp300 ribuan per malam. Tentu saja, tarif tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila tertarik singgah, bisa reservasi via nomor telepon (0265) 545407/545514.

Wisma Dewi Hotel - @Dudy Aja
Wisma Dewi Hotel – @Dudy Aja

Selain penginapan-penginapan di atas, sebenarnya masih ada beberapa lagi akomodasi yang dapat Anda jadikan referensi menginap saat berkunjung ke Singaparna. Anda bisa menuju Linggajaya Hotel yang beralamat di Jalan Raya Singaparna KM 5, Tasikmalaya, atau memilih Mangkubumi Indah Hotel yang terletak di Jalan Raya Singaparna KM 7, Tasikmalaya, dengan tarif yang tidak jauh berbeda.

[1] Firmanda, Iman. 2019. Analisis Kemacetan di Bundaran Alun-Alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya (Tugas Akhir). Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi, hlm. 2.

[2] Lenggana, Angga, et al. 2015. Analisis Pemasaran Dodol Sirsak (Annona muricata) (Suatu Kasus pada Pengusaha Pengolahan Dodol Sirsak di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, Vol. 1(3): 149-154.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan