Referensi Penginapan di Kawasan Driyorejo, Gresik




Kawasan industri Gresik (sumber: jawa pos)
Kawasan industri Gresik (sumber: jawa pos)

Terletak dekat Surabaya, Gresik sering dijadikan sebagai lokasi mencari penginapan, terutama mereka yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau sedang bekerja di Kota Pahlawan. Pasalnya, tarif sewa akomodasi di kabupaten tersebut memang relatif lebih murah, termasuk di kawasan Driyorejo yang sudah dipenuhi sejumlah tempat kost harian dan bulanan.

Berbicara mengenai Gresik, selain sebagai kota pudak, juga kerap disebut sebagai kota industri. Pasalnya, di kawasan ini, telah berdiri banyak perusahaan skala nasional maupun multinasional. Pada tahun 1970-an, hadir PT Petrokimia Gresik yang berlokasi di sebelah barat Semen Gresik, sedangkan di sisi selatan berdiri PT Nippon Paint dan di sebelah timur ada PT Nusantara Plywood.[1]

Tidak hanya sebagai kota industri, Gresik juga kerap disebut sebagai penyokong Surabaya karena lokasinya memang bersebelahan, termasuk masalah penginapan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bagi mereka yang punya bujet pas-pasan dan kebetulan memiliki urusan di Kota Pahlawan, bakal mencari akomodasi di kawasan Gresik karena punya tarif lebih terjangkau.

Mencari tempat bermalam di Gresik memang tidak bisa dikatakan sulit, karena sudah menyebar di sejumlah lokasi, termasuk di Kecamatan Driyorejo, yang terletak paling selatan wilayah Kabupaten Gresik. Namun, di daerah ini kebanyakan berupa kost, yang mungkin lebih cocok untuk para mahasiswa atau pekerja yang membutuhkan lokasi menginap lebih dari semalam.

Kampoeng Guest House

Phyrus Hijau Residence Driyorejo (google street view)
Kampoeng Guest House Driyorejo (google street view)

ini dapat Anda temukan di Jalan Mirah Delima 5 No. 15, Paras, Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kampoeng Guest House berlokasi tidak jauh dari beberapa tempat kuliner, seperti Warung Ale, Kedai Coffee SR, Sambel Pecel Mirah Delima, dan Kedai Machin. Di samping itu, akomodasi ini juga lumayan dekat dengan Lapangan Randu Pukah.

Menurut ulasan sejumlah pelancong yang pernah menginap, Kampoeng Guest House dikatakan sebagai akomodasi yang cukup nyaman dan bersih. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola pun dinilai lumayan memadai. Ketika memutuskan singgah, tamu bisa menikmati fasilitas seperti ranjang tipe single, kamar mandi plus toilet duduk, serta dapur umum, ruang makan, dan parkir sepeda motor.

Lihat Juga:   Info Lengkap dan Terbaru Tarif Penginapan di Manado

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa menginap di tempat ini? Dilansir dari berbagai sumber, Kampoeng Guest House ternyata merupakan jenis kost yang disewakan bulanan, dengan tarif mulai Rp600 ribuan per bulan. Namun, ada yang menyebutkan bahwa akomodasi dapat disewa harian. Untuk mendapatkan info lebih detail atau melakukan reservasi, bisa langsung menghubungi nomor ponsel 0812 3161 0693.

Phyrus Hijau Residence Driyorejo

Phyrus Hijau Residence Driyorejo (google business site)
Phyrus Hijau Residence Driyorejo (google business site)

Seperti namanya, tempat bermalam ini terletak di Jalan Phyrus Hijau Blok B No. 29-30, Kotabaru, Mulung, Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mirip Kampoeng Guest House, Phyrus Hijau Residence Driyorejo juga dikelilingi sejumlah tempat kuliner, seperti Hana Cookies Cake & Tart, Cireng Endoel, dan Kids House Frozen Food. Tidak hanya itu, akomodasi ini diklaim dekat dengan jalan tol Surabaya-Mojokerto.

Banyak review positif yang didapatkan ini. Menurut salah satu seorang tamu, Phyrus Hijau Residence Driyorejo memiliki lingkungan yang asri, sehat, dan nyaman, sehingga cocok untuk yang suka bepergian dan untuk tujuan bisnis. Sementara itu, pelancong yang lain mengungkapkan bahwa kamar yang disediakan lumayan luas, dengan pelayanan yang cukup baik.

Merupakan sebuah akomodasi jenis kost, Phyrus Hijau Residence Driyorejo memang disewakan secara bulanan, sehingga lebih pas untuk mahasiswa atau pekerja. Untuk bisa menginap di tempat ini, perlu membayar harga sewa kamar mulai Rp600 ribuan per bulan. Apabila tertarik mampir, dapat dilakukan langsung di lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0812 8014 4233.

F3 In The Kost

Ilustrasi: kamar kost (sumber: olx)
Ilustrasi: kamar kost (sumber: olx)

Akomodasi ini beralamat di Jalan Masjid Sumput Barat, Gang Tarbiyatus Sibyan, RT 10 RW 2, Pasinan, Sumput, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. F3 In The Kost pun dikelilingi sejumlah tempat kuliner, seperti Depot Gaul, Nasi/Mie Goreng Jawa Bu Sun, dan Warung Mas Kentung. ini juga berlokasi tidak jauh dari SMP YPM-5 Driyorejo dan SMA YPM 4 Driyorejo.

Lihat Juga:   Penginapan Dekat Dago Bakery Punclut, Tarif Mulai Rp93 Ribuan

Sebagai sebuah tempat bermalam, F3 In The Kost hadir dengan bangunan yang cukup bersih dan rapi. Fasilitas yang disediakan pun lumayan memadai, seperti area parkir kendaraan bermotor, ruang bersantai, dan dapur. Sementara itu, kamar-kamarnya punya ukuran cukup lapang, dengan fasilitas seperti ranjang tipe single bed, pendingin ruangan, dan kamar mandi plus toilet duduk.

Sayangnya, pengelola tidak bersedia memberikan rincian harga sewa kamar di F3 In The Kost. Demikian pula, belum ditemukan bocoran dari pengunjung yang pernah menginap. Meski demikian, tarif sewa F3 In The Kost kemungkinan tidak jauh berbeda dengan akomodasi sejenis di kawasan Driyorejo. Jika Anda penasaran dengan biaya sewa tempat inap ini, dapat menghubungi pengelola lewat nomor ponsel 0858 0840 1038.

Lain di Driyorejo

Ilustrasi: kamar penginapan (sumber: agoda)
Ilustrasi: kamar penginapan (sumber: agoda)
Nama Alamat
Kost OchieJalan Mirah Delima 2.4, Paras, Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Omah Kne & RachelMulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Kost Buana CangkirKecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Kost AllegraJalan Raya Aquamarine 12H/3, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Harga sewa kamar -penginapan dalam tabel di atas memang tidak dijelaskan secara rinci. Namun, secara umum, tarif kost di kawasan Driyorejo berkisar Rp600 ribu hingga Rp650 ribuan per bulan. Namun, ada pula yang menyewakan kamar kost dengan harga sewa Rp1 juta hingga Rp1,5 jutaan per bulan, biasanya sudah dilengkapi AC dan kamar mandi dalam.

[1] Basundoro, Purnawan. 2001. Industrialisasi, Perkembangan Kota, dan Respons Masyarakat: Studi Kasus Kota Gresik. Humaniora, Vol. XIII(2): 133-140.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan