Hotel Semut Surabaya, Akomodasi Harga Hemat Dekat Ampel




Hotel Semut Surabaya - www.tripadvisor.co.id
Hotel Semut Surabaya - www.tripadvisor.co.id

Berstatus sebagai pusat bisnis dan kota metropolitan di Jawa Timur, memang tidak pernah sepi pengunjung, terutama bisnis. Karena itu, tidak heran jika Kota Pahlawan memiliki banyak penginapan yang memadai. Nah, jika Anda berburu akomodasi dengan murah serta berlokasi di sisi utara, salah satu yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Hotel Semut.

Memang, hampir setiap tahun, hotel-hotel baru bermunculan di Surabaya. Pada tahun 2012 lalu misalnya, sudah terdapat 123 hotel menurut Badan Pusat Statistik, kemudian jumlahnya naik menjadi 125 hotel pada tahun 2014.[1] Meski bermunculan akomodasi anyar, namun hotel lawas seperti Hotel Semut tetap diminati, salah satunya karena punya harga sewa yang ramah di kantong.

Hotel Semut

ini dapat Anda temukan di Jalan Samudera No. 9, 11, 13, Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur. Lokasi Hotel Semut terbilang sangat strategis karena berada cukup dekat dengan berbagai pusat transportasi di Kota Pahlawan. Jika Anda bertolak dari Stasiun Pasar Turi, jarak ke akomodasi hanya sekitar 1,5 km, sedangkan perjalanan dari Kalimas Barat berkisar 1,98 km. Apabila Anda kebetulan datang dari Stasiun Gubeng, cukup menempuh jarak sejauh 3,02 km untuk tiba di properti.

Tidak hanya dekat dengan sejumlah pusat transportasi, Hotel Semut pun terletak tidak jauh dari berbagai pusat perbelanjaan di Kota Surabaya. Jarak hotel menuju Pasar Atom cuma sekitar 0,19 km, sedangkan perjalanan menuju ITC Surabaya hanya 0,37 km. Jika Anda hendak berbelanja ke Jembatan Merah Plaza, cukup menempuh jarak sejauh 700 meter dari akomodasi, sedangkan perjalanan ke ITC Mega Grosir berkisar 880 meter.

Hotel Semut Surabaya - www.traveloka.com
Hotel Semut Surabaya – www.traveloka.com

Wisata terdekat di sekeliling Hotel Semut tidak melulu wisata belanja. Karena berada di Surabaya bagian utara, penginapan ini pun cukup dekat dengan wisata religi Sunan Ampel, hanya berselang 1,15 km menuju Masjid Ampel. Sementara, apabila Anda hendak melihat-lihat bangunan Monumen Tugu Pahlawan dan menjelajah Museum 10 Nopember Surabaya, jarak dari akomodasi hanya sekitar 800 meter.

Lihat Juga:   Info Terbaru Losmen/Penginapan Murah di Jember, Tarif Mulai Rp99 Ribuan

Jika Anda melihat bangunan hotel yang terkesan lawas, tidak usah heran. Pasalnya, gedung ini konon sudah ada sejak tahun 1920-an ketika masa penjajahan Belanda. Saat itu, ini adalah salah satu hotel yang berdiri berbarengan dengan Hotel Irian dan sempat menjadi markas tentara Jepang pada periode 1940-an. Kemudian, setelah kemerdekaan Indonesia, hotel ini diambil alih oleh negara dan dikelola oleh PUSKOPAL atau Angkatan Laut. Lalu, pada tahun 1983, diresmikan sebagai Hotel Semut.

Fasilitas Hotel Semut

Menurut ulasan para tamu yang pernah singgah, Hotel Semut cukup nyaman dipakai beristirahat, terutama bagi pelancong yang membutuhkan lokasi menginap sementara sebelum melanjutkan perjalanan atau bagi para turis backpacker. Meski demikian, kebanyakan pengunjung mengeluhkan kondisi hotel yang agak kurang terawat, walau mandi yang disediakan sangat luas dan punya harga sewa murah.

Secara tampilan, meski mengusung bangunan lawas, desain Hotel Semut sebenarnya sudah agak-agak kekinian. Agar tidak terkesan klasik, pengelola sengaja memberikan sentuhan warna-warna ceria pada bagian eksterior, seperti biru muda pada genteng, hijau pada dinding luar, serta kuning pada bingkai jendela. Tulisan ‘Hotel Semut’ berukuran cukup besar berwarna kuning di genteng bangunan membuat akomodasi ini lebih mudah dikenali.

Area hotel ini sendiri sangat luas, tidak hanya di lahan parkir depan yang mampu menampung banyak mobil, tetapi juga di sisi dalam. Ada halaman yang sangat lapang di bagian tengah penginapan, yang dikelilingi deretan kamar. Sayangnya, jumlah pepohonan hijau di lapangan ini terbilang sangat minim sehingga berkesan panas, terutama ketika hari mulai siang dan matahari sedang bersinar terik.

Lihat Juga:   Villa Kawebe, Dekat Pasar Wisata Songgoriti Unggulkan Fasilitas Karaoke
Hotel Semut Surabaya - www.tripadvisor.co.id
Hotel Semut Surabaya – www.tripadvisor.co.id

Untuk bagian interior, pihak hotel agaknya sengaja mempertahankan desain bangunan. Kesan klasik dan kuno sangat terasa, dengan lorong-lorong panjang yang menghubungkan antar-kamar. Untungnya, lorong ini sudah dilengkapi dengan lantai putih bersih serta dinding dengan warna senada, plus pemandangan dan pot tumbuhan sehingga berkesan sedikit modern dan asri.

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola cukup memadai. Di area publik, Anda bisa menemukan ruang bersantai yang dilengkapi kursi dan meja, pas sebagai lokasi mengobrol bersama teman atau saudara. Ada pula meja depan atau resepsionis di ruang lobby yang akan melayani Anda selama 24 jam, taman hijau, serta, seperti disinggung sebelumnya, lahan parkir kendaraan yang luas.

Sementara, untuk fasilitas di dalam kamar, tidak seperti hotel murah pada umumnya, perabotan yang disiapkan Hotel Semut terbilang lebih memadai. Saat bermalam di tempat ini, Anda akan menemukan ranjang double, selimut, meja, lemari pakaian, pendingin ruangan atau AC, kamar mandi pribadi plus water heater, meja rias dan cermin, hingga televisi sebagai media hiburan.

Tarif Hotel Semut

Tipe KamarTarif per Malam
Standard RoomRp200.000
Superior RoomRp255.000
Deluxe RoomRp299.000 – Rp398.000

Harga sewa kamar Hotel Semut di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs booking online dan bocoran beberapa pengunjung. Perlu diingat bahwa biaya sewa Hotel Semut tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal reservasi Anda. Jika Anda berminat singgah di tempat ini ketika ke Surabaya, pemesanan dapat dilakukan via online travel agent atau nomor telepon (031) 3524578.

[1] Alim, Anneke Lawrencia. 2016. Strategi Media Relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya dalam Mengelola Publisitas di Media Massa. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, Vol. 4(1).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan