Pilihan Hotel dan Penginapan di Parakan Temanggung, Dekat Wisata Alam Posong




Wisata Alam Posong (sumber: tribunnews)
Wisata Alam Posong (sumber: tribunnews)

Kabupaten Temanggung terkenal dengan Wisata Posong yang memiliki pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, serta hamparan sawah yang indah. Nah, bagi Anda yang merencanakan liburan keluarga ke tempat wisata ini lebih dari sehari, Anda bisa mencari akomodasi terdekat di daerah Parakan. Sayangnya, di daerah ini belum ada hotel, tetapi ada beberapa penginapan yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga sewa kamar mulai ratusan ribu rupiah per malam, dan tentunya dekat dengan Wisata Posong.

Wisata Posong terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Posong, Temanggung. Untuk menuju Wisata Posong dari Parakan, sekitar 6 km ke arah Kledung menuju Desa Tlahab.[1] Dari pinggir Jalan Parakan-Wonosobo sampai lokasi, berjarak 3,5 km melalui jalan trashah yang hanya cukup untuk satu mobil.

Karena terbilang dekat dari Parakan, beberapa wisatawan lebih memilih mencari akomodasi di daerah tersebut. Selain itu, jalanan menuju Wisata Posong dari Parakan lebih asri dan tidak terlalu banyak mobil, sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman. Berikut adalah referensi penginapan di Parakan.

Jambuklutuk Resort

Jambuklutuk Resort ada di Jl. Raya Parakan-Wonosobo KM 3, Temanggung, Jawa Tengah dan berselang lima menit menuju Sindoro Water Park menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, dari akomodasi menuju Wisata Posong, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar sembilan menit berkendara.

Jambuklutuk Resort Temanggung - www.traveloka.com
Jambuklutuk Resort Temanggung (sumber: traveloka)

Resort ini mengusung konsep hunian yang asri, sehingga tak heran jika ada taman yang cukup luas dengan pepohonan yang rindang. Halaman akomodasi juga berupa taman dan area parkir yang luas. Anda bisa memarkir kendaraan tanpa was-was soal keamanannya, karena selalu dijaga security selama 24 jam.

Lihat Juga:   Villa Alvin Batu, Penginapan Tiga Kamar Rp600 Ribuan di Dekat Jatim Park 2

Fasilitas publik lainnya adalah ruang bersantai, area khusus merokok, tempat bebas merokok, dan playground. Selain itu, terdapat kafe dan restoran dengan gazebo di atas kolam ikan. Tentunya, akan menjadi pengalaman yang menarik ketika Anda makan sambil melihat ikan berenang di bawah tempat duduk Anda.

Sementara itu, kamar-kamar di penginapan ini memiliki teras atau balkon sebagai area bersantai pribadi. Bagian dalam kamar dibekali dengan set meja kursi santai, set meja rias, lemari, TV, AC/kipas angin, tempat tidur yang nyaman, dan interkom. Anda juga kamar dengan mesin pembuat minuman dan rak untuk menjemur pakaian. Selain itu, tiap kamar difasilitasi kamar mandi dengan wastafel, shower, dan kloset duduk.

Menurut review turis yang pernah menginap di Jambuklutuk Resort, wisatawan harus membayar harga sewa kamar mulai Rp450 ribu hingga Rp750 per malam. Sementara itu, tarif sewa satu villa di resort ini berkisar Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta per malam. Tentunya biaya sewa kamar dan villa tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor 0811 2921 555.

Isabella Homestay Posong

Isabella Homestay Posong berlokasi di Jl. Raya Parakan-Wonosobo, Temanggung, Jawa Barat dan berselang lima menit menuju Puncak Botorono menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, dari akomodasi menuju Wisata Alam Posong, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar empat menit berkendara.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Murah Rp100 Ribuan di Kuala Lumpur, Malaysia
Isabella Homestay Posong (google: Bella Utami)
Isabella Homestay Posong (google: Bella Utami)

Termasuk hunian yang sederhana, homestay ini terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang bersantai, taman, dapur, kamar mandi, dan kamar. Ruang tamu dan ruang keluarga terhubung dan hanya disekat kelambu. Sementara itu, ruang bersantainya berada di area luar dan dekat dengan halaman depan serta taman. Setiap ruangan ini dibekali dengan perabotan lengkap, termasuk TV, meja, dan kursi.

Dapur di akomodasi ini juga dapat dipergunakan sebagai area makan. Anda bisa memasak berbagai macam hidangan dengan memanfaatkan peralatan dapur yang ada. Namun untuk bahan masakannya, Anda harus membawanya sendiri dari rumah atau membelinya di tukang sayur sekitar. Sementara itu, kamar-kamarnya dibekali dengan lemari pakaian, kasur yang nyaman, set meja rias, dan kursi bersantai. Ada juga kamar yang memiliki kamar mandi dalam dengan shower air hangat dan kloset duduk.

Menurut pelancong yang pernah menginap di Isabella Homestay Posong, wisatawan harus membayar harga sewa homestay Rp750 ribu per malam. Ini tentunya terbilang murah jika Anda datang bersama rombongan. Biaya sewa akomodasi ini tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di atau menghubungi pihak akomodasi melalui telepon di nomor 0822 2135 6814.

[1] Purnama, Sandy P. 2018. Wisata Alam Posong sebagai Destinasi Wisata Alam

Favorit di Kabupaten Temanggung (Domestic Case). Study Sekolah Tinggi Ambarrukmo Yogyakarta, hal. 1-8.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan