Goa Tetes Lumajang, Goa Eksotis Berpadu dengan Air Terjun




goa tetes lumajang - salamransel.blogspot.com

Jika mendengar kata , pikiran kita pasti tidak bisa beranjak jauh dari Gunung Semeru. Memang, merupakan salah satu kota terdekat menuju Semeru, terutama jika berangkat dari . Namun, selain Semeru, juga memiliki banyak objek menarik lainnya, salah satunya Goa Tetes.

goa tetes lumajang - salamransel.blogspot.com
goa tetes lumajang – salamransel.blogspot.com

 

Goa Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, tidak jauh dari perbatasan Lumajang dan Malang. Dari pusat kota Lumajang, goa ini hanya berjarak sekitar 53 km. Sementara dari Malang, goa ini bisa dicapai setelah melewati jarak sekitar 68 km. Akses jalan menuju goa ini juga relatif mudah, yaitu dengan menempuh jalur lintas selatan Malang-Lumajang.

Goa Tetes sendiri merupakan objek wisata yang memadukan keindahan antara goa dengan . Goa  ini memiliki keunikan berupa stalaktit dan stalakmit yang memiliki aneka ragam warna sehingga membuat tampilan goa menjadi eksotis. Sementara tebing-tebing yang membentuk goa ini, berlapis belerang sehingga menghasilkan warna kuning keemasan yang sangat unik dan berpadu dengan hijaunya lumut yang alami.

Di samping itu, di Goa Tetes juga terdapat puluhan air terjun yang mengalir dari mata air yang tersembunyi di balik bebatuan. Air terjun di sini tak hanya mengalir, tetapi memancar deras. Meski dialiri air terjun, namun bebatuan di Goa Tetes relatif tidak licin karena berbentuk endapan kapur sehingga mudah untuk dipanjat sekalipun berlumut.

Untuk menuju Goa Tetes dari Malang, pengunjung bisa menumpang angkutan umum berupa bus jurusan Malang dari Terminal Arjosari. Setelah melakukan darat sekitar dua jam, kemudian turun di depan gerbang masuk di pinggir jalan raya. Setelah itu, pengunjung tinggal menuju pos masuk yang jaraknya sekitar 500 meter. Dari sini, perjalanan hanya bisa dilakukan dengan trekking jalan kaki yang menempuh jarak kurang lebih 2 km.

Trek jalan yang dilewati berupa jalan setapak landai, selanjutnya berganti dengan tangga berundak dengan kemiringan yang cukup curam. Mendekati Goa Tetes, jalan semakin sulit, karena harus meniti tebing karang yang selalu dialiri air. Lintasan yang dilewati menjadi lumayan licin, jadi pengunjung disarankan melangkahkan kaki dengan sangat hati-hati.

Selain menawarkan panorama yang indah, Goa Tetes juga memiliki mitos tersendiri bagi warga Lumajang dan sekitarnya. Konon, jika mandi dengan air terjun di goa tersebut, seseorang akan awet muda dan lebih mudah memperoleh jodoh jika masih lajang. Bahkan jika rumah tangga sudah retak, akan bisa kembali utuh ketika pasangan sama-sama dipertemukan di tempat ini.

Lihat Juga:   Info Lengkap Lokasi Penginapan Dekat Candi Borobudur




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan