Wana Wisata Penggaron, Spot Instagenic di Ungaran Pas untuk Outbound




Wana Wisata Penggaron - @frdy rookie
Wana Wisata Penggaron - @frdy rookie

Jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke Semarang, sempatkan sejenak mampir ke Ungaran. Pasalnya, ibukota Kabupaten Semarang ini punya sederet eksotis yang menanti Anda jamah dan ekplorasi. Umumnya, destinasi liburan di kawasan ini bernuansa alam, dan salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Wana Penggaron.

Kabupaten Semarang memang menjadi salah satu wilayah di Jawa Tengah yang punya potensi pariwisata yang cukup besar, terutama wisata alam. Pasalnya, wilayah ini didukung dengan topografi berupa dataran tinggi, dengan masih banyaknya area terbuka seperti hutan.[1] objek wisata di kawasan ini pun sudah menyebar di sekitar Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu, Gajah Mungkur, Gunung Mergi, serta di sekitar Rawa Pening.[2]

Menurut data Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang per tahun 2005, setidaknya ada 40 destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Semarang[3], dan jumlahnya sekarang tentu saja terus bertambah. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya merupakan pariwisata alam, seperti Wisata Alam Merbabu, Taman Rekreasi Bukit Cinta, Pemandian Muncul, Air Terjun Semirang, Wana Wisata Umbulsongo, Taman Wisata Kopeng, Desa Wisata Sidomukti, hingga Wana Wisata Penggaron.

Lokasi Wana Wisata Penggaron

Nah, dari sekian banyak wisata bernuansa alam yang ada di Kabupaten Semarang, salah satu yang menarik didatangi adalah Wana Wisata Penggaron. Tempat ini dapat Anda temukan di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, berjarak sekitar 2 km dari Kota Ungaran atau 18 km arah selatan apabila Anda bertolak dari Kota Semarang.

Lihat Juga:   Wisata ke Perth, Destinasi Gratis dan Harga Tiket Pesawat
Wana Wisata Penggaron - @Syifa New
Wana Wisata Penggaron – @Syifa New

Untuk menuju tempat wisata ini, rute yang harus dilalui bisa dikatakan relatif mudah. Jika Anda berangkat dari Kota Lumpia, bisa melakukan menuju Ungaran dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Setibanya di Ungaran, traveler bisa menuju Taman Unyil, lalu mengikuti petunjuk arah menuju Wana Wisata Penggaron. Setelah menemukan Bappeda Kabupaten Semarang, bisa belok kiri, kemudian belok kiri lagi, lantas belok kanan.

Fasilitas Wana Wisata Penggaron

Wana wisata ini adalah salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Masyarakat sekitar Semarang biasa memanfaatkan Wana Wisata Penggaron untuk berbagai aktivitas, mulai dari olahraga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya. Wana Wisata Penggaron juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus karena punya sekitar 97 spesies burung liar, seperti merak hijau, elang ular bido, kadalan birah, dan kadalan kembang.

Untuk mengelilingi Wana WIsata Penggaron, wisatawan direkomendasikan menggunakan motor roda dua dengan model motor seperti trail. Traveler akan melewati hutan yang lapang seluas 500 hektar, sangat lebat dengan puncak bukit yang sangat indah. Berbagai jenis pohon seperti pinus dan pohon lainnya menjulang tinggi hingga 10 meter.

Tidak hanya cocok untuk aktivitas alam, karena punya pemandangan yang menakjubkan, Wana Wisata Penggaron pun pas dijadikan lokasi untuk foto, terutama bagi mereka yang gemar melakukan selfie lalu mengunggahnya ke media sosial. Bahkan, tidak sedikit calon pengantin yang menjadikan objek wisata ini sebagai spot foto pre-wedding mereka.

Lihat Juga:   Tarif Penginapan & Hotel Dekat Istana Plaza Bandung

Tiket Wana Wisata Penggaron

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa menikmati keindahan Wana Wisata Penggaron? Untuk bisa masuk ke tempat ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, pengelola mematok tiket dengan harga hanya Rp6.000 per orang. Jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, akan dikenai tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp3.000 untuk mobil. Wana Wisata Penggaron sendiri beroperasi setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 5 sore.

Wana Wisata Penggaron - @Eri Pradiptya
Wana Wisata Penggaron – @Eri Pradiptya

Dekat Wana Wisata Penggaron

Sayangnya, di sekitar lokasi wisata, masih jarang ditemukan tempat menginap. Jika Anda membutuhkan bermalam, lokasi paling dekat adalah di Ungaran. Beberapa yang berlokasi tidak terlalu jauh dari tempat wisata ini adalah Melva Balemong, Hotel C3 Ungaran, Guest House Timlo Solo Ungaran, serta RedDoorz Ungaran, dengan jarak sekitar 2 km hingga 4 km. Tarif penginapan- tersebut sekitar Rp130 ribu hingga Rp425 ribuan per malam.

[1]Widiawati, Saphira. 2015. Penataan dan Pengembangan Wana Wisata Penggaron Kabupaten Semarang (Tugas Akhir). Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[2]Prihandoko, Andhip. 2008. Analisis Potensi Obyek Wisata Alam di Kabupaten Semarang (Skripsi). Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[3] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan