Fasilitas dan Tiket Masuk Pantai Prigi, Spot Wisata Populer Trenggalek




Pantai Prigi Trenggalek - busy.org
Pantai Prigi Trenggalek - busy.org

Menyebut wisata di kawasan Trenggalek, Prigi tentu tidak boleh dilewatkan. Bisa dikatakan, ini adalah yang paling populer di wilayah tersebut dan menjadi tujuan utama untuk berlibur. Selain karena punya panorama oke serta yang terbilang memadai, harga tiket masuk ke destinasi wisata ini pun tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi Pantai Prigi

Secara administratif, Pantai Prigi berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Kecamatan Watulimo sendiri merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Trenggalek yang memiliki potensi wisata bahari yang berlimpah. Selain Pantai Prigi, di daerah ini, juga ada Pantai Karanggongso, Pantai Damas yang masih alami, serta Pantai Cengkrong yang punya wisata mangrove.[1]

Jarak pantai dari pusat Trenggalek sekitar 48 km atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam berkendara. Rute menuju pantai ini pun bisa dibilang cukup mudah. Jika Anda berangkat dari Trenggalek, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju pertigaan Durenan. Kemudian, lurus saja sejauh 10 km dan Anda akan tiba di pertigaan Kecamatan Bandung. Dari titik ini, ambil jalur menuju ke arah barat. Setelah itu, Anda cukup berjalan lurus tanpa berbelok-belok.

Pesona dan Fasilitas Pantai Prigi

Sebagai salah satu pantai populer di kawasan Trenggalek, pesona yang ditawarkan Pantai Prigi memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sepanjang 4 km dari pantai, Anda bisa menyaksikan pemandangan indah, ombak Samudera Hindia yang cukup besar, serta menikmati angin pantai yang begitu segar. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti memancing, berkemah, hingga berolahraga.

Memancing di Pantai Prigi menjadi kegiatan yang umum dilakukan. Pasalnya, selain sebagai spot liburan, Pantai Prigi merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Trenggalek, bahkan disebut-sebut di seluruh kawasan pinggir laut selatan. Dibandingkan Munjungan dan Panggul, Prigi dikatakan memiliki potensi pengembangan hasil tangkapan ikan terbesar, salah satunya karena kondisi alam yang mendukung.[2]

Lihat Juga:   Buring Homestay Malang, Penginapan Murah Dekat Jalan Besar Ijen

Seiring waktu, sejumlah fasilitas modern disediakan pemerintah daerah setempat agar pengunjung lebih nyaman serta untuk menarik lebih banyak wisatawan. Perubahan yang paling dirasakan adalah adanya dan ruang terbuka hijau di depan panggung 360 derajat. anyar ini didesain secara modern, lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung. Sejumlah ornamen kayu serta aneka bunga dan rerumputan menambah kesan asri ini.

Wisata Pantai Prigi Trenggalek - limakaki.com
Wisata Pantai Prigi Trenggalek – limakaki.com

Tidak cuma taman, Pantai Prigi saat ini juga sudah dilengkapi dengan pujasera yang dibangun dengan konsep modern. Kabarnya, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengeluarkan anggaran hingga Rp15 miliar untuk pembangunan fasilitas baru tersebut. Dengan adanya pujasera ini, pedagang bisa menjual barang dagangan mereka dengan lebih teratur sehingga tidak merusak pemandangan pantai.

Demi memanjakan pelancong yang berkunjung, terutama mereka yang ingin berolahraga, dibangun pula fasilitas jogging track. Didirikan sejak tahun 2017 lalu, fasilitas tersebut diharapkan bisa menjadi kesatuan pengembangan kawasan Pantai Prigi sebagai wisata unggulan. Sebelumnya, pengelola sudah menyediakan fasilitas camping area, banana boat, perahu wisata, hingga arena motor trail.

Pantai Prigi

Dengan fasilitas penunjang yang komplet serta terbilang modern, apakah tiket masuk ke kawasan Pantai Prigi mahal? Ternyata untuk bisa menikmati pemandangan serta fasilitas di kawasan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk pantai ini cuma Rp5.000 per orang ketika hari biasa dan Rp7.500 per orang ketika hari libur. Jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp2.000 per sepeda motor atau Rp5.000 per mobil.

Lihat Juga:   Info Lengkap Aik Homestay, Penginapan Murah di Batu

di Pantai Prigi

Sebenarnya, ada beberapa penginapan yang berjarak tidak jauh dari Pantai Prigi. Namun, jika Anda mencari paling dekat, pilihan terbaiknya adalah Prigi. inap ini berada di Jalan Raya Pantai Prigi No. 360, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek. Untuk menuju pantai, wisatawan cukup menempuh perjalanan sejauh 120 meter dari properti.

Hotel Prigi Trenggalek - @Ferry Malirano
Hotel Prigi Trenggalek – @Ferry Malirano

Tarif Hotel Prigi

Tipe KamarTarif per Malam
Hari BiasaHari Libur
Standard RoomRp180.000Rp250.000
Deluxe RoomRp220.000Rp300.000
VIP RoomRp275.000Rp350.000
Family Suite Room ARp350.000Rp500.000
Family Suite Room I,JRp325.000Rp400.000
Family Suite Room KRp385.000Rp600.000

Harga sewa kamar Hotel Prigi di atas kami rangkum dari situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek. Perlu diketahui bahwa sewa kamar Hotel Prigi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Jika Anda berminat mampir, bisa reservasi langsung di lokasi atau melalui nomor telepon (0355) 551180 dan 0813 3373 4600.

[1]Fadilah, Siti dan Rimadewi Suprihardjo. 2016. Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Teknik ITS Vol. 5(1): 50-53.

[2]Putri, Hesty Ristiani dan Sardjito. 2016. Arahan Pengembangan Kawasan Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Melalui Konsep Minapolitan. Jurnal Teknik ITS Vol. 5(2) : 255-261.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan