Rekomendasi Wisata Alam di Sembalun, NTB Tarif Murah




Sembalun, NTB (sumber: indonesia.go.id)
Sembalun, NTB (sumber: indonesia.go.id)

Sembalun merupakan daerah yang terletak di NTB dan kerap dijadikan sebagai jalur Gunung Rinjani.[1] Di kawasan wisata tersebut, terdapat beberapa objek wisata menarik, antara lain Taman Wisata Pusuk Sembalun, Bukit Selong, Mangku Sakti, dan Desa Beleq yang menawarkan fasilitas wisata lengkap dengan tarif relatif terjangkau.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun berlokasi di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun, Kab. , NTB dan dekat Bukit Suwarna atau Suwarna Hill. Dilansir dari Google Maps, dari bukit menuju taman wisata tersebut, Anda membutuhkan waktu tempuh lima menit berjalan kaki.

Taman Wisata Pusuk Sembalun (sumber: gotripina.com)
Taman Wisata Pusuk Sembalun (sumber: gotripina.com)

Termasuk wisata alam, Taman Wisata Pusuk Sembalun menawarkan pemandangan bukit dan gunung yang masih asri. Selain itu, di tempat rekreasi ini masih terdapat hewan liar seperti kera berekor panjang yang jinak.

Fasilitas publik yang ada di ini, antara lain spot berfoto dengan latar belakang Gunung Rinjani dan Bukit Suwarna, spot berfoto dengan tebing dan batuan, kafe, area khusus piknik, dan taman bermain anak. Selain itu, ada pondok kayu dan gazebo sebagai tempat beristirahat.

Menurut review pelancong yang pernah singgah ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, wisatawan cuma harus membayar biaya masuk Rp5 ribu per orang. Biaya tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Bukit Selong

Bukit Selong berada di Sembalun Lawang, Lombok Timur, NTB dan dekat Desa Sembalun. Dilihat dari Google Maps, dari desa menuju bukit ini, Anda membutuhkan waktu tempuh 14 menit berjalan kaki atau lima menit menggunakan kendaraan bermotor.

Lihat Juga:   Rekomendasi Hotel di Pinggir Danau Singkarak, View Kece Harga Oke
Bukit Selong (sumber: eljohnnews.com)
Bukit Selong (sumber: eljohnnews.com)

Tempat wisata alam ini memiliki pemandangan area persawahan penduduk yang dikelilingi bukit dan gunung. Suasana di Bukit Selong terbilang sangat sejuk dan tentunya masih asri. Anda bisa melihat pemandangan yang elok ini dari ketinggian tertentu dengan mendaki bukit.

Bagian kaki Bukit Selong sudah dibekali dengan area khusus piknik dan berfoto.  Tak hanya itu, sudah ada tempat duduk dan area beristirahat bagi turis yang kelelahan mendaki. Menurut review pelancong yang pernah singgah ke bukit ini, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti berlokasi di Bilok Petung, Sembalun, Lombok Timur, NTB dan dekat area camping Sajang Glamping. Dikutip dari Google Maps, dari bumi perkemahan menuju tempat wisata alam ini, Anda membutuhkan waktu tempuh 16 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Air Terjun Mangku Sakti (sumber: genpi.co)
Air Terjun Mangku Sakti (sumber: genpi.co)

Seperti tempat wisata alam lainnya yang ada di NTB, Air Terjun Mangku Sakti memiliki pemandangan yang masih asri. Air terjun ini dikelilingi hutan kecil dengan pepohonan besar yang rindang. Tak hanya itu, di sekitar air terjun terdapat tebing yang dilapisi dengan tumbuhan rambat dan pakis.

Tak hanya bisa berfoto, wisatawan juga boleh berpiknik di sekitar area air terjun. Supaya tidak terkena cipratan air, sebaiknya Anda memilih di antara pepohonan pinggir air terjun. Meskipun jaraknya agak jauh, Anda masih bisa menyaksikan air terjun sambil piknik.

Lihat Juga:   Lokasi Green Canyon Lahat, Miniatur Grand Canyon Tiket Murah

Menurut review wisatawan yang pernah berkunjung ke Air Terjun Mangku Sakti, turis akan dikenakan biaya retribusi Rp9.500. Tarif tersebut sudah termasuk asuransi dan keamanan. Harga tiket masuk Air Terjun MAngku Sakti ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Desa Beleq

Desa Beleq Gumantar ada di Sembalun Lawang, Selong, NTB dan dekat Desa Sembalun. Dilansir dari Google Maps, dari Desa Sembalun menuju Desa Beleq, Anda memerlukan waktu tempuh 13 menit berjalan kaki atau sekitar lima menit menggunakan kendaraan bermotor.

Desa Beleq (sumber: ivacanza.co)
Desa Beleq (sumber: ivacanza.co)

Termasuk , Anda akan melihat banyak rumah adat penduduk sekitar dengan lahan yang luas. Rumah-rumah dengan atap berupa daun dan jerami ini dapat menjadi spot foto yang menarik. Selain itu, penduduk di desa ini terbilang sangat ramah dan tak jarang mereka menawarkan makan bersama atau minum kopi kepada para tamu.

Seperti pedesaan pada umumnya, Desa Beleq menawarkan fasilitas berupa area bersantai di tengah desa dengan pemandangan alam sekitar, tempat khusus untuk makan, toilet, dan area parkir di luar desa. Berdasarkan review pelancong yang pernah singgah ke Desa Beleq, wisatawan tidak perlu membayar biaya masuknya alias gratis.

[1] Virgilenna, Sinta & I Putu Anom. 2018. Strategi Pemasaran Pariwisata Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pariwisata Universitas Udayana, Vol. 6(1): 171-176.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan