Update Fasilitas Pesawat Batik Air (Kelas Ekonomi dan Bisnis)




Batik Air (sumber: investor.id)
Batik Air (sumber: investor.id)

Selain transportasi darat (bus, mobil, api) dan laut (kapal laut), banyak masyarakat Indonesia dan luar negeri yang menggunakan transportasi pesawat terbang untuk bepergian ke berbagai tempat. Di Indonesia sendiri, sudah tersedia banyak maskapai penerbangan yang melayani tujuan tersebut, salah satunya Batik Air. Didukung dengan fasilitas yang mumpuni, Batik Air disebut-sebut sebagai saingan Garuda Indonesia dalam segmen maskapai dengan layanan penuh alias full service.

Sejarah Batik Air

Batik Air sendiri mulai didirikan pada Maret tahun 2013 lalu, sebagai anak usaha Lion Air yang juga tergabung dalam Lion Group. Kala itu, untuk mengalihkan jumlah pesanan yang banyak, maskapai yang didirikan oleh Rusdi Kirana merencanakan sebuah maskapai penerbangan dengan layanan penuh bernama Batik Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER.

Kemunculan Batik Air bisa dikatakan hasil dari fenomena kompetisi antar-maskapai penerbangan yang sangat menarik. Maskapai ini hadir karena strategi Lion Group dalam merespons threat dan opportunity dengan tepat. Berawal dari langkah Garuda Indonesia untuk masuk ke segmen low-middle class flight dengan membentuk anak usaha baru bernama Citilink, maka Lion Group pun tidak mau kalah dengan mendirikan Batik Air untuk bermain di segmen high class flight.

Batik Air pertama kali beroperasi pada tanggal 3 Mei 2013 lalu. Hingga detik ini, maskapai tersebut telah melayani ke lebih 54 tujuan penerbangan dan mengoperasikan hingga 160 penerbangan tiap harinya. Beberapa kota domestik yang menjadi destinasi penerbangan Batik Air di antaranya Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar, Jakarta, Surabaya, Malang, Palembang, hingga Jayapura. Sementara, rute internasional yang dilayani seperti Singapura, Shenzhen, Wuhan, Chengdu, hingga Makau.

Armada Batik Air

Armada Batik Air (sumber: batikair.com)
Armada Batik Air (sumber: batikair.com)

Ketika pertama kali beroperasi, Batik Air menggunakan sepuluh pesawat Boeing 737-900ER dengan kapasitas penumpang 180 orang. Nah, saat ini, maskapai tersebut telah dan akan didukung dengan pesawat tipe Airbus A320-200 dengan kapasitas 156 penumpang, Airbus A320-neo, Airbus A321LR, Boeing 737-800 berkapasitas 162 penumpang, Boeing 737-8, dan Boeing 737-9.

Tingkat keterisian (load factor) Batik Air mengalahkan alias lebih tinggi dibandingkan Garuda Indonesia ketika pertama kali beroperasi. Setelah hanya mencapai 74,5 persen di tiga bulan pertama 2013, load factor pesawat Batik Air naik 1,7 persen pada periode yang sama satu tahun kemudian. Sebagai perbandingan, selama 2012, load factor Garuda Indonesia mencapai 75,9 persen.

Fasilitas Batik Air

  • Check-in. Para pengguna jasa bisa melakukan check-in yang ditemani oleh duta Batik Air untuk membantu proses check-in, imigrasi, dan persoalan lainnya. Untuk penumpang kelas bisnis, di beberapa bandara tertentu, telah disediakan tempat check-in khusus sehingga calon penumpang tidak perlu mengantre terlalu lama setiap kali hendak melakukan perjalanan.
  • Fasilitas bagasi, yang merupakan fasilitas standar dari maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia. Namun, Batik Air berkomitmen sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan ini. Bagi penumpang , 20 kg bagasi pertama bebas  dan selebihnya di-charge sesuai dengan ketentuan. Sementara, untuk penumpang kelas bisnis, 30 kg bagasi pertama bebas biaya dan selebihnya dikenai charge sesuai dengan peraturan. 
  • Fasilitas lounge yang memungkinkan calon penumpang kelas bisnis dapat beristirahat sebelum melakukan penerbangan, yang terletak di boarding lounge . Di lounge ini, calon penumpang kelas bisnis bisa beristirahat dengan nyaman di atas sofa empuk sambil menonton TV. Tidak hanya itu, tersedia ringan maupun berat, serta minuman yang tersaji untuk dipilih. -jenis dan minuman bisa berbeda-beda di tiap bandara.
  • Seating atau kursi penumpang dengan luas 45”pitch untuk perjalanan yang lebih nyaman di Business Class. Dengan jarak yang lebih lega antar-tempat duduk, penumpang bisa menikmati perjalanan dengan lebih maksimal dan tak khawatir kelelahan selama dalam perjalanan. Jarak yang lebar juga memungkinkan penumpang untuk lebih mudah dievakuasi saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sementara, untuk kelas ekonomi, kursi penumpang memiliki luas 32” pitch.
Batik Air - www.harnas.co
Batik Air – www.harnas.co
  • Meal, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan Batik Air tentunya tidak melupakan hal tersebut. Penumpang bisa merasakan pengalaman di ketinggian 10.000 kaki dengan beraneka ragam pilihan santapan sedap dari Tanah Air. Karena itu, rata-rata menu makanan yang disajikan Batik Air merupakan makanan khas Indonesia, salah satunya bihun goreng plus telur dan sayur. Selain itu, disediakan pula hidangan penutup seperti snack dan kue bolu. Tidak lupa juga, disediakan aneka minuman mulai kopi, teh, susu, jus, hingga minuman karbonasi dengan beragam merek.
  • Fasilitas hiburan. Untuk menemani penumpang menghabiskan waktu selama perjalanan dengan pesawat, Batik Air menyediakan hiburan lengkap dengan LCD lebar dengan layar sentuh yang akurat. Beragam pilihan dari film, musik, dan permainan terbaru yang tersedia akan menemani penumpang sepanjang penerbangan. Sayangnya, tidak disediakan headphone untuk mendengarkan hiburan secara pribadi. Meski demikian, ada socket umum sehingga Anda bisa menggunakan headphone yang Anda bawa sendiri dari rumah atau headset dari smartphone Anda. Soket USB juga tersedia bagi masing-masing penumpang di kursinya untuk mengisi baterai barang elektronik.

Armada pesawat Batik Air telah didukung dengan pramugari dan pramugara yang nampak lebih senior dibandingkan kru pesawat Lion Air. Hal ini tentunya menjadi poin plus bagi penumpang karena dianggap mampu memberikan suasana yang lebih nyaman. Selain itu, maskapai ini juga menyediakan berbagai fasilitas menarik, seperti fasilitas hiburan (in-flight entertainment/IFE) mulai lagu hingga games, berbagai pilihan minuman dan makanan ringan atau sajian hot meal secara gratis, hingga kursi yang nyaman.

Dari sejumlah fasilitas yang ditawarkan Batik Air, layanan bagasi prabayar menjadi penawaran terbaru bagi penumpang. Bahkan untuk rute internasional tercatat gratis. Sesuai regulasinya, bagasi prabayar dapat dipesan melalui website resmi Batik Air, agen perjalanan serta loket penjualan tiket di sejumlah daerah paling lambat enam jam sebelum perjalanan.

Untuk penerbangan domestik, kini Batik Air hadir di Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Tak hanya itu, promo terbaru yang ditawarkan Batik Air yakni diskon 30% untuk biaya penerbangan dari Jakarta, Bandung, Bali ke Kuala Lumpur. Jika Anda masih membutuhkan terkait Batik Air, seperti harga tiket, Anda bisa menghubungi call center di nomor (+6280) 4177 8899 atau (+6221) 6379 8000. Selain itu, layanan pelanggan juga bisa dilakukan melalui nomor telepon (+6221) 633 8345 atau email di customcare@batikair.com.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Dekat Taman Safari, Ini Rekomendasi Hotel Murah di Puncak




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan