Bungee Jumping Blangsinga, Pacu Adrenalin Lompat dari Air Terjun




Air Terjun Blangsinga (sumber: ayobali.net)

Desa Pekraman Blangsinga merupakan salah satu desa yang ada di Bali dan terkenal dengan wisata Songsongan atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Blangsinga.[1] Sudah mengalami kemajuan, ini didukung dengan fasilitas lengkap dan harga tiket terjangkau, salah satunya Anda bisa menikmati keseruan bungee jumping di spot tersebut.

Fasilitas Bungee Jumping Blangsinga

Diketahui, Desa Blangsinga, tepatnya kawasan Air Terjun Songsongan, merupakan salah satu tempat bungee jumping outdoor yang cukup terkenal di Dewata. Anda bisa mencoba wahana bungee jumping dengan cara melompat dari atas air terjun dengan ketinggian sekitar 50 m. Tentunya ini terasa sangat seru, karena tidak seperti bungee jumping biasa yang berada di taman wisata atau theme park.

Wahana yang memicu adrenalin seperti ini tidak hanya digemari wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Bisa dibilang, kawasan air terjun ini memang cukup ramai pengunjung, apalagi jika musim libur sekolah tiba. Namun, wahana bungee jumping di Air Terjun Blangsinga tidak buka setiap hari dan tergantung pada cuaca. Jika cuacanya cerah dengan angin yang tidak terlalu kencang, Anda bisa menikmati wahana ini. Sebaliknya, jika cuaca sedang buruk, wahana ini akan tutup.

Air terjun Blangsinga (sumber: befreetour.com)
Air terjun Blangsinga (sumber: befreetour.com)

Dengan melompat dari atas air terjun, Anda tidak hanya merasakan sensasi jatuh, tetapi juga hawa dingin dan cipratan air terjun di belakang Anda. Dengan posisi menghadap ke air terjun, Anda akan merasakan sensasi seolah meluncur bersamaan air yang jatuh dari puncak ke sungai di bawahnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan Air Terjun Songsongan dengan baik dari jarak yang dekat dari atas hingga bawah saat jatuh.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan di Kolaka, Tarif Reasonable dan Ramah Keluarga

Bagi Anda yang merasa bungee jumping di atas air terjun terlalu memacu adrenalin atau jika Anda adalah pemula, Anda bisa memilih spot yang lebih rendah seperti tebing di sekitar air terjun. Ada dua tebing yang dipakai sebagai titik terjun dengan ketinggian 16 m. Tentunya, waktu yang diperlukan untuk jatuh dari tebing akan lebih singkat dibandingkan dari atas air terjun.

Selain itu, sensasi yang akan Anda dapatkan ketika jatuh dari tebing tidak semenakutkan ketika jatuh dari atas air terjun. Jika Anda melakukan bungee jumping dari atas air terjun, Anda bisa melihat dua sumber air yang bertabrakan, yakni air yang mengalir dari air terjun dan air yang mengalir dari salah satu sungai di bawah air terjun. Sementara itu, jika Anda jatuh dari tebing, Anda hanya akan melihat satu sumber air yang berasal dari air terjun dan sungai yang menyatu.

Konsep bermain bungee jumping dari atas air terjun dan tebing juga berbeda. Jika dari atas air terjun, Anda tidak perlu jatuh ke dalam air dan kepala Anda tidak sampai menyentuh permukaan air. Hal ini karena bagian bawah dan pinggir air dibawah air terjun sedikit berbatu dan tidak terlalu dalam.

Ilustrasi: bungee jumping (sumber: bukalapak)
Ilustrasi: bungee jumping (sumber: bukalapak)

Sementara itu, jika Anda jatuh dari tebing, Anda bisa merasakan sensasi kesegaran air di bawah Anda. Saat meluncur dari atas tebing, Anda akan langsung jatuh di air dengan kedalaman sekitar 8 m. Tentunya, ini cukup aman karena kaki Anda diikat menggunakan tali dan Anda bisa langsung tertarik naik ke atas. Beberapa orang yang jatuh ke dalam air dan sudah tidak merasakan efek membal, biasanya akan refleks melepaskan ikatan di bagian bawah kaki, sehingga bisa berenang bebas.

Lihat Juga:   Ingin Hemat? Ini Rekomendasi Hotel Budget di Malang Harga di Bawah Rp200 Ribu

Fasilitas lain yang diberikan kepada peserta bungee jumping di Blangsinga adalah pelampung sebagai salah satu perlengkapan keamanan. Dengan menggunakan jaket pelampung, Anda yang belum bisa berenang tidak perlu khawatir tenggelam untuk bermain permainan ini. Pelampung akan menjaga Anda tetap terapung di air dan setelah itu, petugas akan membantu Anda untuk naik ke daratan.

Di bagian pinggir spot bungee jumping, juga terdapat spot foto yang unik dan dihias dengan batu-batu sungai yang disusun rapi. Selain itu, terdapat tempat bilas, tempat ganti, dan mandi yang bersih. Ada juga spot khusus untuk berendam dengan pemandangan Air Terjun Blangsinga.

Harga Bungee Jumping Blangsinga

Berdasarkan review pelancong yang pernah mencoba bungee jumping Blangsinga, untuk menikmati wahana ini, harus membayar tiket masuk Air Terjun Blangsinga Rp20 ribu per orang dan bungee jumping sekitar Rp800 ribuan hingga Rp1 jutaan per orang. masuk dan main bungee jumping di Air Terjun Blangsinga tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Prabawa, Made Suryanatra, Made Yaya Sawitri, I Ketut Darma. 2019. Kajian Peran Aktor Eksternal Terkait Aspek Sosial, Ekonomi, dan Arsitektur pada Desa Wisata Berbasis Actor Network Theory (Study Kasus: Desa Pakraman Kemenuh dan Desa Pakraman Blangsinga di Gianyar, ) (Laporan Kemajuan Penelitian Hibah Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali). Universitas Marwadewa.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan