Info Terkini Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Karangsong Indramayu




Hutan mangrove Karangsong Indramayu (sumber: maritim.go.id)
Hutan mangrove Karangsong Indramayu (sumber: maritim.go.id)

Daerah Indramayu memang tidak dilalui oleh jalur utama Pantura, namun keberadaannya terus diperbincangkan oleh banyak orang karena salah satu obyek wisatanya yang saat ini menjadi primadona . Saat berkunjung ke Indramayu, sempatkanlah diri Anda untuk berkunjung ke Ekowisata Hutan Mangrove di daerah Karangsong. Beragam ditawarkan untuk kebutuhan pengunjung dengan harga tiket masuk yang relatif terjangkau.

Hutan Mangrove Karangsong Indramayu beralamat di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kawasan ini sudah ditata dengan apik yang dilengkapi sejumlah fasilitas untuk berwisata oleh warga sekitar dan juga Perhutani. Ekowisata ini juga disebut-sebut didukung oleh Pertamina dan beberapa kegiatan CSR dari berbagai korporasi.

Untuk menuju ini sangatlah mudah. Jika Anda dari tinggal menuju Lohbener terus menuju Bangkir sampai di Jembatan Cimanuk dekat Masjid Agung dan Alun-alun Indramayu, Anda tinggal belok ke kiri mengikuti Siliwangi. Nantinya Anda akan bertemu dengan gapura besar Karangsong, dan kurang lebih 3 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Karangsong sebagai pantai di pesisir utara pulau Jawa mempunyai karakteristik ombak landai namun berpasir cokelat bercampur lumpur. Jenis pantai seperti ini kurang cocok untuk bermain snorkeling atau pun menyelam meski lautnya cukup tenang. Selain berkeliling hutan bakau, kegiatan pengunjung di Pantai Karangsong adalah memancing.

Fasilitas Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Menyusuri Hutan Bakau Karangsong - (Sumber: kompasiana.com)
Menyusuri Hutan Bakau Karangsong – (Sumber: kompasiana.com)

Beragam aktivitas dapat Anda lakukan di Hutan Mangrove Karangsong. Sebenarnya ada dua cara untuk menikmati wisata hutan bakau di Pantai Karangsong, pertama dengan jalan kaki melewati jembatan kayu. Cara ini lebih murah karena tidak butuh mengeluarkan biaya namun tidak bisa mengelilingi seluruh kawasan. Sementara cara yang kedua adalah dengan menyewa perahu nelayan dan berkeliling hutan dengan berperahu.

Selain puas berkeliling Hutan Mangrove Karangsong, pihak pengelola Hutan Mangrove Karangsong Indramayu memperbolehkan pengunjung untuk menggunakan kamera DSLR. Maka, jika Anda termasuk seorang penggemar fotografi, Anda bisa leluasa mengambil foto jika datang ke hutan mangrove ini. Bahkan, hutan mangrove Karangsong juga kerap digunakan untuk kegiatan foto pre-wedding, namun tentunya dengan izin dari pihak pengelola.

Apabila pengunjung ingin bermain air seperti snorkeling, diving dan berenang umumnya pengunjung dapat menuju ke Pulau Biawak yang terpisah jarak 40 kilometer dari bibir Pantai Karangsong. Di pulau itu pantainya memiliki air yang jernih, pasirnya pun putih bersih serta pemandangan bawah lautnya yang sangat indah.

Hutan Mangrove Karangsong juga memiliki keunikan tersendiri. Hampir setiap hari ada kapal tanker pembawa BBM (Bahan Bakar Minyak) bersandar di sekitar Hutan Mangrove Karangsong karena kapal-kapal tersebut tidak bisa bersandar ke Pertamina Balongan. Hal tersebut menjadi kesempatan pengunjung untuk dapat menikmati keindahan Kilang Minyak Pertamina Balongan dari atas menara pandang yang ada di dekat pantai Hutan Mangrove Karangsong. Jika datang dari arah Jalan Siliiwangi Indramayu ke Hutan Mangrove Karangsong, Anda dapat menikmati pembuatan kapal di sepanjang pinggir jalan menuju Hutan Mangrove Karangsong. Keindahan view di sana lebih lengkap dengan suasana masyarakat setempat yang sedang melakukan jual-beli ikan di tempat pelelangan ikan.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Hutan mangrove Karangsong (sumber: travelingyuk.com)
Hutan mangrove Karangsong (sumber: travelingyuk.com)

Pengelola Ekowisata Karangsong membebankan tiket masuk kepada pengunjung berdasarkan kendaraan yang masuk bukan per orang, yakni untuk jenis kendaraan sepeda motor hanya dikenakan Rp5.000, sementara untuk mobil dikenakan biaya Rp10.000. Kendaraan langsung diparkir di tempat yang sudah ditentukan di sepanjang Pantai Karangsong. Tarif tersebut rupanya tidak mengalami perubahan harga pada 2020.

Di tempat ini Anda bisa melihat keindahan pemandangan laut Jawa sembari merasakan deburan ombak dan pasir pantai. Juga disediakan saung kecil dari bambu di sepanjang Pantai Karangsong yang bisa Anda sewa untuk berkumpul bersama atau teman. Setelah puas menikmati keindahan pantai, Anda bisa menuju ke arah penjualan tiket perahu di dekat sungai menuju hutan mangrove, untuk menyusuri hutan mangrove dengan perahu kecil yang muat hingga 20 orang. Harga tiket sebesar Rp15 ribu per orang. Harga tiketnya juga tidak mengalami kenaikan harga dibandingkan penawaran sebelumnya.

Menurut review di internet, hampir semua pengunjung menikmati keindahan Hutan Mangrove Karangsong. Akses menuju hutan yang mudah dilalui menggunakan perahu dengan harga tiket yang relatif terjangkau menjadi daya tarik pengunjung. Perlu diingat, jika Anda ingin berkunjung ke Hutan Mangrove Karangsong, maka kebersihan harus dijaga semaksimal mungkin.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Tukadsari Camping, Penginapan Nuansa Alam Kintamani dengan View Gunung Batur Bali




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan