Danau Tasik Besar, Danau dengan Pemandangan Sabana Menakjubkan di Padang Lawas

Danau Tasik - travelingyuk.com

Anda yang tinggal di Pulau Jawa mungkin masih asing dengan tempat bernama Danau Tasik. Danau yang juga dikenal dengan nama Danau Tao ini bukan berada di Tasikmalaya, melainkan berada di Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatra Utara. Danau Tasik masih termasuk dalam kawasan Suaka Margasatwa Barumun, Padang Lawas Utara (Paluta).  Saat musim kemarau air di Danau Tasik akan surut, tetapi ketika musim penghujan danau ini terlihat begitu besar dan luas.

Danau Tasik - m.viva.co.id

Danau Tasik – m.viva.co.id

Pemandangan di sekitar Danau Tasik sendiri didominasi dengan hamparan padang rumput. Maklum saja, sebab ekowisata ini dijadikan tempat konservasi dari hewan-hewan langka seperti siamang, burung rangkong, harimau Sumatera, gajah Sumatra, tapir, hingga orangutan. Jika Anda ingin menikmati keindahan Danau Tasik dan hamparan rumput di sekitarnya, tampaknya Anda harus menyiapkan kondisi fisik dan kendaraan yang prima. Pasalnya jalan menuju Danau Tasik kabarnya cukup menantang.

Dari pusat Kota Medan saja membutuhkan 12 jam perjalanan untuk sampai ke Padang Lawas Utara. Kemudian dari pusat Kota Padang Lawas, Anda masih harus melalui perjalanan panjang lagi selama 3 jam hingga tiba di desa terdekat. Setelah itu, Anda harus menghadapi akses jalan menuju lokasi yang masih berupa jalanan terjal. Jika dirinci, untuk menuju lokasi Danau Tasik bisa ditempuh dengan 2 cara, yakni melalui jalur darat dan udara.

Jika melalui jalur darat, Anda bisa berkendara lewat rute Medan – Kisaran – Kota Pinang – Tua – Aek Godang – Batunanggar, dengan jarak tempuh 475 km sekitar 8 jam. Anda juga bisa berkendara melalui rute Medan – Pematang Siantar – Balige – Tarutung – Sipirok – Batunanggar dengan jarak tempuh 510 km selama 9 jam.

Sedangkan untuk jalur udara, dari Medan Anda bisa langsung bertolak untuk naik pesawat dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Aek Godang. Dari Bandara Aek Godang, Anda bisa menempuh perjalanan darat selama 1 jam ke kawasan Batunanggar. Ada pula pilihan rute lain dari Medan ke Bandara Kualanamu, kemudian dilanjutkan dengan penerbangan ke Bandara Pinangsori Sibolga, lalu ke Padang Sidempuan – Aek Godang – Batunanggar, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Meskipun perjalanannya panjang dan menantang, segala rasa letih itu tampaknya akan terbayar saat Anda sampai di lokasi Danau Tasik.

Lihat Juga:   Tips Wisata, Akses Perjalanan dari Gorontalo ke Kabupaten Buol

Ketika tiba di lokasi, Anda pasti akan terkesima dengan hamparan danau yang luas dan bahkan Anda bakal rela untuk duduk maupun rebahan di atas rerumputan demi menikmati pemandangan langit dan sekeliling Danau Tasik yang mempesona. Karena tempat ini berupa ekowisata yang mengedepankan pelestarian lingkungan, jangan harap Anda bakal menemukan warung atau pondokan di sana. Oleh sebab itu, pastikan untuk membawa persediaan makanan dan secukupnya jika hendak berpetualang ke Danau Tasik. Dan yang terpenting, jangan buang sampah sembarangan ya!

Danau Tasik - travelingyuk.com

Danau Tasik – travelingyuk.com

Nah, selain duduk-duduk atau rebahan di padang rumput, Anda juga bisa memanfaatkan setiap sudut di kawasan Danau Tasik sebagai tempat untuk berfoto selfie. Jangan salah, meski hanya hamparan danau dan rumput, area Danau Tasik ternyata memiliki banyak spot foto yang benar-benar Instagrammable. Jangan lupa untuk sempatkan foto menangkap momen-momen indah ketika berada di Danau Tasik.

Warga sekitar juga menyediakan sampan atau getek yang bisa Anda pinjam untuk sekadar dinaiki sembari berkeliling kawasan Danau Tasik. Asyik kan? Sampan tersebut biasanya juga dipakai oleh penduduk setempat untuk memancing. Bagi Anda yang memang penggemar kegiatan atau olahraga ekstrem juga wajib mencoba fasilitas jeep trail dan mountain bike trail yang ada di kawasan Suaka Margasatwa Barumun.

Lihat Juga:   Villa Istana Bunga (VIB), Komplek Villa Terbesar di Lembang - Bandung

Di samping itu, Anda juga bisa mencoba kegiatan jungle track dengan menyusuri hutan belantara yang ada di Suaka Margasatwa Barumun. Apabila sedang beruntung, Anda bisa memanfaatkan momen untuk menjepret penampakan hewan-hewan langka yang ada di sana loh! Benar-benar seru dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Yang lebih menarik, di Danau Tasik Anda tak hanya dapat menikmati petualangan dan wisata saja. Ketika berada di sana, Anda bisa mengetahui seperti apa kearifan lokal masyarakat setempat. Sebagai contoh, Anda bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan gula aren, menikmati makanan atau lokal yang dinamakan holat, hingga menikmati kesenian tradisional seperti gordang sambilan. Nah, kalau sudah begini, siapa bilang liburan harus ke luar negeri? Ternyata di dalam negeri sendiri lebih indah dan kaya kan?

Sayangnya untuk urusan akomodasi, dibandingkan dengan ke pusat Kota Padang Lawas, lokasi Danau Tasik ternyata justru lebih dekat dengan Padang Sidempuan. Bahkan jarak dari Padang Sidempuan ke Danau Tasik hanya 46 km dan bisa ditempuh dalam kurun waktu 2 jam saja. Apabila Anda membutuhkan akomodasi untuk bermalam sebelum atau setelah bepergian ke Danau Tasik, maka Anda lebih disarankan untuk mencari penginapan di Padang Sidempuan saja.

Padang Sidempuan memiliki banyak fasilitas yang komplit termasuk urusan akomodasi. Salah satu yang bisa Anda pilih sebagai tempat beristirahat adalah di Hotel Mega Permata yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol No. 178, Aek Tampang, Padang Sidimpuan. menginap per malam di Hotel Mega Permata berkisar mulai dari Rp 400 ribuan hingga Rp 1,2 jutaan per malam. Hotel ini sudah dilengkapi fasilitas seperti AC, kamar mandi dalam, air panas, air minum gratis, TV, hingga jasa antar jemput bandara dengan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>