Update Tarif Penginapan Dekat Situ Patenggang, Bandung




Situ Patenggang, Bandung (sumber: mytrip123.com)
Situ Patenggang, Bandung (sumber: mytrip123.com)

Untuk menarik minat , di sekitar kawasan objek wisata pasti dilengkapi dengan fasilitas pendukung, salah satunya penginapan. Jika tidak berada di wisata, -akomodasi ini didirikan tidak jauh dari tempat tersebut berlokasi. Sejumlah spot rekreasi di Indonesia rata-rata sudah didukung dengan fasilitas penginapan seperti ini, tak terkecuali dengan Situ Patenggang.

Situ Patenggang merupakan objek wisata yang berada di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Raya -Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Nama yang digunakan sebagai nama danau ini sebenarnya ada dua, yaitu “Situ Patengan” dan “Situ Patenggang”. Kedua nama tersebut memiliki filosofi tersendiri yang menunjukan identitas situ serta saling memiliki keterkaitan .

Apabila wisatawan menyebutnya “Situ Patengan”, hal ini mengacu kepada nama desa tempat danau ini berada. Nama “Patengan” berasal dari bahasa Sunda “Pateangan” yang artinya saling mencari. Sementara, nama “Patenggang” sendiri, yang juga dari bahasa Sunda, artinya terpisah dari jarak maupun waktu.

Awalnya, situ ini adalah bagian dari cagar alam atau taman nasional. Namun, pada tahun 1981, Situ Patenggang diubah menjadi taman wisata alam dan dikelola oleh PTPN VIII kawasan Bandung Selatan. Pengembangan demi pengembangan, termasuk perbaikan sarana transportasi serta fasilitas pendukung wisata seperti penginapan, sarana ibadah, restoran, tempat penjualan cinderamata, tempat parkir, gazebo/shelter, perahu, dan lain-lain, hingga saat ini terus dilengkapi.

Selain itu, Situ Patengan juga memiliki tempat nongkrong berupa kafe. Kafe ini terbilang unik, karena bentuknya yang mirip dengan perahu. Di sekitar kafe, terdapat kawasan kebun teh yang menghampar luas. Wisatawan pasti akan menyempatkan diri untuk singgah ke tempat ini, sekadar untuk berfoto atau minum teh hangat.

Penginapan Dekat Situ Patenggang

Penginapan dekat Situ Patenggang, Bandung (sumber: agoda)
Penginapan dekat Situ Patenggang, Bandung (sumber: agoda)
Nama Penginapan per Malam (Rp)
Pondok Gembyang-Hotel Air Panas AlamJl. Patengan KM 38 Baru Tunggul Alam Endah Ciwidey210.001
Penginapan NugrahaJl. Patenggang, Rancabali, Ciwidey160.000
Alend Bungalow and RestoJl. Raya Patenggang No. 795, RT 2 RW 16, Babakan Jampang Ciwidey400.000
Rancabali Cottage CiwideyPerkebunan Teh Rancabali425.000
Cimanggu Cottage CiwideyJl. Raya Ciwidey-Kawah Putih1.500.000
Kampung Strawberry HotelJl. Ciwidey-Rancabali KM 7275.000
Villa Patengan CiwideyJl. Ciwidey-Rancabali, Patengan1.300..000

sewa kamar di tiap penginapan di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada beberapa tahun lalu, harga sewa kamar di tiap penginapan tersebut berkisar Rp246 ribuan hingga Rp800 ribuan per malam. Reservasi bisa Anda lakukan secara langsung di lokasi atau melalui situs online.

[Update: Almasshabur]

Lihat Juga:   Villa Tirta Nauli, Akomodasi Nyaman di Puncak yang Dilengkapi Kolam Renang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan