Info Terkini Rekomendasi dan Harga Penginapan di Gili Labak




Pulau Gili Labak - seputarmadura.com
Pulau Gili Labak - seputarmadura.com

Kalau menyebut kata “gili”, pasti yang langsung terbayang adalah sebuah pulau eksotis yang berada di kawasan Pulau Lombok. Namun, tak cuma Lombok yang memiliki gili dengan pemandangan eksotis, Pulau Madura di Jawa Timur juga punya keindahan serupa di Gili Labak. Jika Anda berencana liburan ke tempat tersebut dalam beberapa hari, selain di rumah penduduk, juga bisa mencari penginapan di Kalianget, paling dekat Gili Labak.

Gili Labak merupakan pulau tersembunyi yang berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Pulau ini memiliki luas yang tak terlalu besar (kurang dari 5 hektar) dan masih minim penduduk. Akses utama menuju pulau ini adalah melalui Pelabuhan Kalianget dengan menyewa perahu nelayan yang ada di sana. Alternatif lainnya adalah melalui Pelabuhan Gersik Putih, Kalianget Barat, berjarak sekitar 2 km dari Pelabuhan Kalianget.

Apabila Anda bertolak dari pertigaan Suramadu, antara Bangkalan dan Sampang, Anda bisa menumpang bus umum menuju Sumenep dengan durasi waktu sekitar 3,5 jam melewati empat kabupaten. Setibanya di Terminal Sumenep, Anda bisa menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Kalianget yang berselang 5 km. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan perahu menyeberangi lautan.

Lokasinya yang tersembunyi dan belum terlalu populer membuat air laut Gili Labak masih bening bak kristal. Bahkan, perahu-perahu nelayan yang tengah bersandar tampak melayang di atas batu karang. Dengan air laut yang bening, salah satu aktivitas menarik ketika mengunjungi pulau ini adalah snorkeling untuk mengeksploitasi keindahan bawah laut, termasuk terumbu karang yang memesona.

Tutupan terumbu karang yang terdapat di perairan Gili Labak sebesar 39,8 persen sampai 55 persen dan tergolong dalam kategori sedang sampai baik.[1] Terumbu karang dalam kondisi baik ini menjadi habitat bagi 15 spesies ikan, termasuk ikan Napoleon Wrasse. Dengan potensi tersebut, dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sumenep tahun 2009-2029, wilayah perairan Gili Labak ditetapkan sebagai taman laut dan penyelamatan lingkungan hidup.[2]

Lihat Juga:   Menikmati Fasilitas Mewah di Villa Raja, Kota Batu

Penginapan di Gili Labak

Menurut ulasan sejumlah yang sempat berkunjung, fasilitas Gili Labak memang bisa dikatakan masih minim. Meski demikian, fasilitas umum penting seperti kamar mandi, musala, toko, serta warung makanan sudah bisa ditemukan. Sementara, untuk penginapan, masih mengandalkan rumah-rumah penduduk setempat yang disulap menjadi tempat bermalam.

Karena merupakan rumah warga yang disulap seadanya, jangan mengharapkan fasilitas mewah saat bermalam di tempat ini. Biasanya, tamu hanya akan mendapatkan tikar atau karpet. Jika ada ranjang, itu terbuat dari dipan kayu atau bambu, tanpa kasur. Dengan fasilitas yang minim, tidak mengherankan jika tarif menginap di rumah penduduk ini cukup , bisa di bawah Rp100 ribuan per malam.

Nah, apabila Anda tidak terlalu sreg atau kurang nyaman menginap di rumah penduduk dengan fasilitas minim, Anda bisa berburu penginapan di Kalianget, lokasi terdekat dari Gili Labak. Selain ada rumah penduduk, di kawasan ini juga sudah tersedia sejumlah dan yang bisa dijadikan lokasi beristirahat, dan berikut beberapa di antaranya.

Penginapan Bu Rachmad

Ini merupakan rumah penduduk yang disulap menjadi sebuah penginapan dan menjadi salah satu yang populer di kalangan traveler. Penginapan Bu Rachmad berada di Kalianget, tepatnya di depan Terminal Kalianget. Meski masuk gang kecil, tetapi fasilitas kamar dan toilet di penginapan cukup bersih dan nyaman. Tarif kamarnya sendiri rata-rata Rp50 ribuan per malam, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Lihat Juga:   Info Akomodasi/Penginapan yang Tersedia di Pulau Galang, Batam

Losmen Baitul Kamul

Penginapan ini beralamat di Jalan Gersik Putih No. 9, Kalianget. Terletak dekat Pelabuhan Kalianget, Losmen Baitul Kamul merupakan penginapan murah dengan tarif mulai Rp100 ribuan per malam, sedikit naik dari tahun sebelumnya yang sekitar Rp70 ribuan per malam. Fasilitas yang disediakan di mencakup tempat tidur, kamar mandi, dan juga kipas angin. Untuk , bisa menghubungi nomor (0328) 663099.

Hotel Dubai Sumenep

ini berada di Jalan Payudan Barat No. 10, Sumenep. Hotel Dubai Sumenep menawarkan total 23 kamar dan telah didukung fasilitas akses WiFi, taman, kedai kopi, area merokok, layanan binatu, serta meja depan 24 jam. Ada dua tipe kamar yang disediakan, yaitu Standard Room dengan harga sewa Rp135 ribu sampai Rp150 ribuan per malam dan Superior Room dengan tarif Rp175 ribuan per malam, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Jika berminat, bisa memesan via sejumlah situs online.

Apabila Anda kebingungan mencari penginapan ketika berkunjung ke Gili Labak, Anda bisa memilih ikut tour perjalanan ke pulau ini. Harga paket tour wisata bervariasi, mulai Rp370.000 hingga Rp500.000 per orang. Harga paket tersebut sudah termasuk perahu penyeberangan PP, makan 4x, guide, snorkeling, pelampung, camera underwater, tiket masuk Gili Labak, kelapa muda dan kopi, serta penginapan.

Hotel Dubai Sumenep – www.tipswisatamurah.com

(Panca)

[1] Nurmaturrokhmah, Dwi Indah dan Cahyono Susetyo. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kawasan Pariwisata Bahari di Gili Labak, Kabupaten Sumenep. Jurnal Teknik ITS, Vol. 6(1): 75-77.

[2] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan