Curug Gedhe, Keindahan Alam Tersembunyi di Gunung Kidul, Jogja

Curug Gedhe Gunung Kidul - flickr.com

atau curug merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi banyak wisatawan. Pasalnya, air terjun kebanyakan berada di dataran tinggi sehingga menawarkan keindahan khas pegunungan dengan udara yang sejuk serta aliran air yang masih jernih.

Curug Gedhe Gunung Kidul - flickr.com

Curug Gedhe Kidul – flickr.com

 

Di beberapa daerah di Indonesia, terutama di pegunungan, rata-rata memiliki objek wisata air terjun ini. Dan, salah satu air terjun yang patut dikunjungi adalah Curug Gedhe yang terletak di Daerah Istimewa atau berada di kawasan Gunung Kidul.

Curug Gedhe berada di Kabupaten Gunung Kidul dan terletak tidak jauh dari Gunung Purba Nglanggeran. Air terjun ini berlokasi di Dusun Gambyong, Ngoro-oro, Patuk, Gunung Kidul atau hanya berjarak 12 km dari Kecamatan Pathuk dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam berkendara dari Yogyakarta.

Selain Curug Gedhe, air terjun ini juga memiliki beberapa nama lain, seperti Curug Njurug Gedhe, Curug Gedhe Lemah Abang, Curug Purba, dan juga Grojogan Curug. Namun, nama Curug Gedhe yang lebih dikenal untuk menyebut air terjun setinggi kira-kira 30 meter ini.

Aliran air di Curug Gedhe berasal dari sumber yang sama dengan Air Terjun Gambyong. Air terjun ini sendiri berada di tengah lembah dan merupakan batas wilayah antara Kabupaten Gunung Kidul dengan Kabupaten Sleman. Dengan menuruni dari Air Terjun Gambyong sekitar 5 menit, wisatawan sudah dapat langsung menikmati segarnya air terjun di Curug Gedhe tersebut.

Curug Gedhe memiliki debit air yang sangat tinggi. Limpahan air dari puncak deras sekali, terutama musim penghujan. Dengan kedalaman dasar yang mencapai 2 hingga 3 meter, wisatawan dapat mandi di atau hanya sekadar bermain air saja. Selain itu, air yang ada di air terjun ini juga mengalir dengan tenang.

Selain bermain air, keindahan lain yang ditawarkan Curug Gedhe adalah tebing batu di sekeliling air terjun dan hijaunya semak serta pepohonan. Yang unik, tebing yang mengelilingi air terjun ini adalah batu putih atau batuan kapur. Karena itu, banyak pula masyarakat yang menyebut air terjun ini dengan sebutan Curug Purba.

Untuk mencapai Curug Gedhe, dari Yogyakarta, wisatawan dapat menuju Jalan Wonosari, Bukit Bintang, perempatan Pathuk, lalu ambil kiri ke arah Ngoro-oro, dan sampai di perempatan Nglanggeran. Kemudian, ambil arah kiri memasuki jalan desa, lalu ke Desa Gambyong, dan tibalah di Curug Gedhe.

Lihat Juga:   9 Taman Keren yang Ada di Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>