Biaya Sewa Kapal di Labuan Bajo

Labuan Bajo - lepirate.com

Labuan Bajo merupakan spot atau titik singgah utama bagi para yang ingin melakukan kunjungan ke Pulau Komodo. Untuk mencapai taman nasional tersebut, pelancong bisa melakukan perjalanan menggunakan kapal. Banyak atau jenis kapal yang bisa disewa, dengan atau sewa mulai Rp2 jutaan per hari.

Labuan Bajo - lepirate.com

Labuan Bajo – lepirate.com

Kapal memang merupakan satu-satunya cara paling mudah dan paling bagus untuk mengeksplorasi Taman Nasional Komodo yang berupa kepulauan. Ada banyak tipe kapal yang dapat Anda sewa untuk berkunjung ke ini dari Labuan Bajo, yang umumnya telah dilengkapi dengan mulai pelampung, makan siang, hingga perlengkapan snorkeling.

Jenis kapal yang pertama yang bisa disewa adalah kapal open deck. Ini adalah alat yang tidak memiliki kabin, dan umumnya disewa untuk acara tour harian mengunjungi Pulau Rinca atau Pulau Komodo. Jika wisatawan lelah atau mengantuk, bisa tidur-tiduran di lantai dengan menggunakan kasur tipis atau alas lain.

Kemudian, ada juga kapal standar kabin, yang merupakan jenis yang paling ideal untuk mengeksplorasi Taman Nasional Komodo. Ada dua tipe kapal yang tersedia, yaitu Kabin AC dan Kabin Non-AC. Meski demikian, sebenarnya penggunaan AC tidak terlalu berpengaruh karena udara yang berembus lumayan sejuk dan dingin, terutama di malam hari.

Lihat Juga:   Informasi Fasilitas Kelas 2A Kapal Motor (KM) Kelud

Kapal ini sendiri terdiri dari berbagai macam , mulai kecil, medium, dan juga besar yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sementara, fasilitas yang disediakan umumnya adalah toilet atau kamar mandi lengkap dengan shower air tawar, tempat untuk makan dan bersantai, serta dapur lengkap dengan juru masak.

Nah, jika kebetulan memiliki bujet berlebih, kapal jenis Pinisi bisa menjadi pilihan yang menarik. Pasalnya, kapal ini memang khusus diperuntukkan wisatawan dengan anggaran melimpah, yang ingin bersantai dengan kapal yang mewah dan bergaya. Kapal Pinisi sendiri memiliki fasilitas yang tergolong mentereng, termasuk kursi santai, bean bag, kolam renang kecil, hingga sekoci atau perahu kecil.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan persewaan kapal di Labuan Bajo. KM Anak Komodo misalnya, merupakan salah satu kapal yang baru selesai direnovasi pada April 2017 lalu dan sering digunakan untuk trip pasangan atau keluarga kecil dengan jumlah tidak lebih dari lima orang. Kapal ini telah didukung fasilitas seperti dua kamar dengan AC dan kipas angin, tempat bersantai, kursi dan meja makan, serta kamar mandi plus shower air tawar.

Lihat Juga:   Losmen Muara 2, Penginapan Murah dan Bersih di Tanah Abang, Jakarta

Selain itu, ada juga KM Karunia Ilahi yang tergolong anyar karena baru resmi beroperasi pada bulan Agustus 2017. Kapal dengan panjang 20 meter ini telah dilengkapi dengan tiga unit kamar tamu plus kipas angin, dua kursi malas untuk bersantai, meja makan di bagian atas kabin depan, bean bag, sundeck, serta kamar mandi plus toilet dan shower air tawar.

Biaya Sewa Kapal

Lalu, berapa biaya sewa kapal di Labuan Bajo? Biaya sewa kapal berkisar Rp2 jutaan sampai Rp3 jutaan per hari, tergantung tujuan Anda. Seorang pelancong menuturkan bahwa ia menghabiskan biaya Rp9 jutaan untuk sewa kapal selama empat hari tiga malam. Namun, jika Anda memutuskan menyewa kapal Pinisi, biaya sewanya bisa mencapai Rp15 jutaan sampai Rp20 jutaan per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>