Bantir Hills, Spot Foto Instagramable di Kawasan Sumowono, Semarang

Bantir Hills Semarang - losari-online.blogspot.co.id

Selain untuk menuliskan status, media sosial seperti Facebook atau Instagram juga sering digunakan untuk pamer foto-foto terbaik para pengguna. Untuk kebutuhan ini, masyarakat pun rajin berburu spot-spot foto terbaik, baik di dalam negeri maupun mancanegara. Nah, bagi Anda yang termasuk ‘orang-orang demikian’, kini ada satu spot foto yang sedang hits di kalangan traveler, yaitu Bantir Hills, yang berlokasi di Kecamatan Sumowono, .

Bantir Hills Semarang - losari-online.blogspot.co.id

Bantir Hills Semarang – losari-online.blogspot.co.id

Semarang selama ini dikenal sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah. Kota yang berada di dekat pesisir utara Jawa itu selain sebagai kota bisnis dan ekonomi, juga memiliki segudang objek yang menarik, mulai , wisata sejarah, wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata sejenis theme park.

Beberapa objek wisata terkenal di Semarang yang banyak dikunjungi di antaranya Lawang Sewu, Tugu Muda, Simpang Lima Semarang, Museum Rekor Dunia Indonesia, Umbul Songo Kopeng, Masjid Agung Jawa Tengah, hingga Candi Gedong Songo. Sementara, untuk theme park, kota ini menyediakan Rekreasi Wonderia hingga yang terbaru, Trans Studio Mini di Transmart Setiabudi.

Untuk mereka yang doyan melihat panorama laut, Semarang juga memiliki beragam pantai yang tidak kalah menakjubkan jika dibandingkan pantai di Bali atau lain. Pantai yang terkenal sebut saja Pantai Marina yang memiliki suasana yang tenang dan sejuk atau Pantai Maron yang terletak hanya beberapa ratus meter saja dari Bandara Ahmad Yani. Sementara, untuk wisata , lumpia menjadi khas Semarang yang wajib untuk dicicipi dan bisa ditemui di beberapa lokasi, seperti di Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda, dan Jagalan.

Selain tempat- di atas, ada satu lagi spot di Semarang yang sedang hits di kalangan pelancong, yaitu Bantir Hills. Bantir Hills menjadi perbincangan hangat karena selain menawarkan keindahan dan panorama alam, juga menyediakan berbagai spot foto menarik yang menjadi incaran para pengguna media sosial, terutama Instagram.

Lihat Juga:   Danau Ronggojalu, Wisata Alam Murah dan Menyegarkan di Probolinggo

Lokasi Bantir Hills

Bantir Hills berada di Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk menuju tempat ini, pertama-tama Anda bisa meluncur ke Pasar Sumowono. Nah, dari pasar ini, Anda lurus saja menuju ke arah Curug (air terjun) 7 Bidadari. Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda hingga menemukan petunjuk menuju Bantir Hills.

Bantir Hills Semarang - www.imgrum.org

Bantir Hills Semarang – www.imgrum.org

Secara geografis, tempat wisata yang tergolong anyar ini (baru digarap secara serius pada awal tahun 2017) terletak di lereng Ungaran dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara di Bantir Hills berkisar 15 derajat Celcius hingga 25 derajat Celcius, sehingga menghadirkan cuaca yang sejuk cenderung dingin. Sementara, curah hujan di kawasan tersebut mencapai 2.700 mm per tahun.

Selama perjalanan ke Bantir Hills, wisatawan bakal melewati perkampungan dan perkebunan warga. Sayangnya, jalan menuju tempat wisata ini masih berupa tanah dan berbahaya ketika hujan turun karena bisa sangat licin. Namun, saat ini pengelola sudah melakukan perbaikan dengan cor atau beton untuk sebagian jalan.

Panorama dan Fasilitas di Bantir Hills

Bantir Hills sebenarnya merupakan salah satu ekowisata dengan hutan alam dan hutan tanaman. Sumber air yang ada di sana berupa mata air yang hingga sekarang masih dimanfaatkan untuk keperluan irigasi areal pertanian di sekitar wilayah tersebut. Di tempat ini, wisatawan akan disambut dengan berbagai spot foto menarik yang tentunya bakal menghadirkan gambar cantik untuk dipajang di media sosial.

Seorang pengguna akun Facebook, Dhika Andhika Jaya, di dinding grup Facebook bernama Ambarawa Tercinta mengabarkan bahwa di Bantir Hills sekarang sudah tersedia gazebo, camping area, gembok cinta, dan rumah panggung. Di gazebo, pengunjung dapat bersantai dan bermalas-malasan sembari menikmati indahnya panorama alam Kabupaten Semarang. Sementara, di camping area, wisatawan dapat menginap menggunakan tenda.

Lihat Juga:   Panorama dan Rute/Jalan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Nah, gembok cinta di Bantir Hills dapat dimanfaatkan pasangan yang sedang dilanda asmara untuk memasang gembok di tempat tersebut. Kegiatan wisatawan memasang gembok di lokasi gembok cinta di Bantir Hills ini kerap dianggap sebagai simbol kelanggengan hubungan mereka. Sementara, rumah panggung di Bantir Hills dapat dimanfaatkan pengunjung sebagai lokasi berfoto dengan latar belakang panorama alam Kabupaten Semarang.

Tidak seperti saat pertama kali dibuka, gardu pandang di Bantir Hills kini memang semakin cantik. Dengan bentuk unik dan warna yang indah, membuat Bantir Hills juga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto atau sering disebut Instagramable oleh kawula muda. Karena itu, bagi mereka yang doyan mengabadikan personal diri, tidak bakal rugi ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain beragam spot foto yang menarik, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan beberapa gunung dari sana, di antaranya Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, dan juga Gunung Gajah. Keindahan panorama alam dengan udara sejuk serta hijaunya pepohonan sekitar membuat kawasan ini semakin diminati wisatawan, sehingga tak heran apabila saat ini pengunjung yang datang kian ramai.

Harga Tiket Masuk Bantir Hills

Ketika pertama kali dibuka untuk publik, para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bantir Hills tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Mereka hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 per sepeda motor. Namun, menurut grup Facebook Ambarawa Tercinta, saat ini wisatawan yang hendak menikmati keindahan Bantir Hills perlu membayar tiket masuk dengan harga Rp5.000 per orang, cukup murah jika melihat panorama yang dihadirkan.

Bantir Hills sendiri dibuka untuk publik setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tempat wisata ini, masyarakat bisa langsung menghubungi nomor telepon atau ponsel 0852 2620 2426.

Adalia Homestay Adalia Homestay Rp 199.998 grade 0
Nyata Plaza Hotel Nyata Plaza Hotel Rp 210.000 grade 1
Hotel Elizabeth Hotel Elizabeth Rp 245.000 grade 1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>