7 Wisata Pantai Unik dan Keren di Kebumen

Pantai Karang Agung - modatranswisata.blogspot.com

Berbicara mengenai di Kabupaten , nama pertama yang mungkin bakal muncul adalah Goa Jatijajar. Ini bisa dikatakan sebagai spot wisata paling di kabupaten tersebut. Namun, tidak hanya Goa Jatijajar, terletak di dataran rendah, juga memiliki beragam wisata yang cantik dan oke, yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Karang Bolong

Ini adalah pantai yang sangat terkenal di Kebumen. Terletak di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, nama pantai ini diberikan karena di sana, terdapat karang berlubang seperti goa yang lantas menjadi ikon pantai tersebut. Dalam bahasa Jawa sendiri, ‘bolong’ bisa diartikan sebagai ‘berlubang’.

Layaknya pantai laut selatan lainnya, ombak di Pantai Karang Bolong memang cenderung besar, ganas, dan tidak jarang datang menderu-deru dengan cukup tinggi. Meski tidak terlalu layak untuk dijadikan tempat berenang, namun masih banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti bermain air di pinggir pantai, berjemur, dan tentu saja, berfoto dengan latar belakang karang berlubang.

Di samping itu, hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di pantai ini adalah sebuah goa yang menjadi tempat burung walet membuat sarang. Nah, sarang walet ini adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar bagi Kabupaten Kebumen. Konon, gambar burung walet di logo Pemkab Kebumen juga terinspirasi dari keberadaan ribuan walet di Pantai Karang Bolong.

Pantai Karang Bolong - www.triptrus.com

Pantai Karang Bolong – www.triptrus.com

Pantai Karang Agung

Masih seputar karang-karangan, kali ini ada Pantai Karang Agung, yang sesuai namanya, memang dipenuhi dengan karang. Berselang sekitar setengah jam perjalanan dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, mengunjungi pantai ini, Anda akan menemukan suasana yang mirip dengan Tanah Lot, salah satu objek wisata terkenal di Bali.

Namun, jika Anda hendak bepergian ke Pantai Karang Agung, Anda diharuskan menyiapkan energi yang cukup besar. Pasalnya, akses menuju pantai tersebut harus ditempuh dengan jalan setapak mungil dan menuruni perbukitan. Tetapi, perjuangan Anda akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang ditawarkan Pantai Karang Agung.

Pantai Karang Agung - modatranswisata.blogspot.com

Pantai Karang Agung – modatranswisata.blogspot.com

Pantai Ayah

Masih di sekitar Kecamatan Ayah, terdapat Pantai Ayah, yang juga cukup sering didatangi ketika akhir pekan dan musim . Pantai yang juga biasa dikenal dengan nama Pantai Logending ini menyuguhkan suasana alam yang istimewa dan unik. Pasalnya, kalau pantai pada umumnya identik dengan pohon kelapa, maka Pantai Ayah mengombinasikan pantai dengan pohon jati.

Lihat Juga:   Fasilitas Royal Plaza, Mal Terlengkap di Surabaya Selatan

Berselang 53 km dari pusat kota dan sekitar 8 km dari Goa Jatijajar, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini. Selain menikmati keindahan pohon jati dan lautan, turis juga bisa melakukan aktivitas seperti bermain bola dan voli pantai. Beberapa perahu nelayan yang berderet rapi pun siap mengantarkan wisatawan menyusuri Sungai Bodo.

Pantai Ayah - www.jejakpiknik.com

Pantai Ayah – www.jejakpiknik.com

Pantai Menganti

Pantai Menganti bisa dikatakan sebagai pantai di Kebumen yang sedang hits di kalangan para traveler. Pantai ini sendiri masih berlokasi di Kecamatan Ayah, tepatnya di Desa Karangduwur. Berjarak sekitar 40 km dari Kecamatan Gombong, Anda bisa menuju Pantai Menganti menggunakan kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua.

Memiliki pasir putih dan area perbukitan yang indah, Pantai Menganti memang layak dinobatkan sebagai salah satu spot wisata paling oke di Kebumen, setidaknya untuk saat ini. Dengan dikelilingi perbukitan dan tebing nan hijau, Pantai Menganti mungkin bakal mengingatkan Anda pada panorama di Selandia Baru.

Awalnya, tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, karena letaknya yang tersembunyi dan akses jalan yang sulit. Namun sekarang, jalanan untuk menuju Pantai Menganti sudah diperbaiki dengan aspal yang mulus, meski tetap berliku dan sempit. Selain itu, di Pantai Menganti, juga telah disediakan beragam penunjang, termasuk -warung makanan.

Pantai Menganti - www.jejakpiknik.com

Pantai Menganti – www.jejakpiknik.com

Pantai Petanahan

Objek wisata ini berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Pantai Petanahan menawarkan area yang luas, yang membuat wisatawan bisa menikmati deburan ombak dan menyaksikan hamparan laut selatan sampai puas. Di samping itu, pasir pantai yang lembut membuatnya cocok dijadikan tempat berjemur, bermain pasir, atau menikmati sore.

Lihat Juga:   Ndalem Kilen Homestay, Akomodasi Klasik & Murah Dekat UB Malang

Pantai Petanahan sendiri cukup ramai didatangi wisatawan ketika akhir pekan dan musim liburan, seperti libur sekolah, libur Lebaran, dan libur Tahun Baru. Biasanya, wisatawan yang datang ke pantai ini kebanyakan duduk bercanda dan bercengkerama bersama teman atau keluarga sambil menikmati pemandangan air laut yang jernih dan biru.

Pantai Suwuk

Seperti namanya, Pantai Suwuk berlokasi di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Wisatawan bisa menempuh pantai ini setelah melakukan perjalanan sejauh 50 km dari pusat kota. Pantai Suwuk sendiri merupakan salah satu pantai di Kebumen yang ramai dikunjungi, salah satunya mungkin karena telah didukung fasilitas yang lengkap.

Hampir sama dengan pantai di Kebumen lainnya, Pantai Suwuk juga dihiasi dengan keindahan perbukitan yang menjulang tinggi di sekitarnya. Di samping itu, salah satu keunikan di pantai ini adalah terdapat replika pesawat Boeing 737 yang terletak di sebelah kolam renang, yang cocok dijadikan spot foto yang oke.

Pantai Lampon

Pantai bagus lainnya yang berada di Kabupaten Kebumen adalah Pantai Lampon. Ini adalah pantai yang sebenarnya berjarak tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun terbilang masih sepi dan belum terjamah. Meski Pantai Lampon tidak begitu luas, namun kondisinya masih alami dengan suasana yang sunyi, yang akan membuat Anda merasa berada di pantai milik pribadi.

Pantai Lampon sendiri memiliki pasir pantai berwarna kecoklatan. Di tempat ini, ada banyak spot keren yang bisa dijadikan latar belakang mereka yang doyan berfoto, termasuk tebing-tebing batu dan lantai kayu yang didesain membentuk gambar hati. Selain itu, di Pantai Lampon, juga telah ada beragam kuliner khas pantai yang lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>