Update 7 Pantai di Jogja yang Paling Bagus Dikunjungi




Pantai Jogan Yogyakarta - merahputih.com
Pantai Jogan Yogyakarta - merahputih.com

Pesona pantai selatan di Jawa memang tak kalah dengan pantai-pantai di wilayah lain. Saat berlibur ke sebenarnya Anda memiliki banyak alternatif tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi selain berkutat di sekitar kawasan . Misalnya saja mengunjungi beberapa pantai di Kabupaten Gunung Kidul atau wilayah Jogja lainnya. Jangan salah, Yogya pun banyak sekali pantai menarik dengan pemandangan yang mempesona.

Pantai Indrayanti

Pantai yang nama aslinya adalah Pantai Pulang Sawal ini menjadi salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta. Pantai dengan pasir berwarna putih kecokelatan ini berada di pesisir Gunung Kidul dan hingga kini menjadi pantai yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota. Tak seperti pantai pada umumnya, di Pantai Indrayanti ada banyak penduduk setempat yang menyewakan tikar dan payung berukuran besar dengan sekitar Rp20 ribuan supaya Anda dapat memandangi ombak sembari berteduh di bawah payung. Tak heran jika di Pantai Indrayanti akan ada pemandangan berupa payung warna-warni yang berjajar di tepi pantai. Untuk pergi ke Pantai Indrayanti, Anda akan dikenai masuk seharga Rp10 ribuan per orang.

Pantai Indrayanti - visitingjogja.com
Pantai Indrayanti – visitingjogja.com

Pantai Kesirat

Pantai satu ini mungkin tak terlalu dibanding Indrayanti. Namun ada sebuah pemandangan yang menarik dari Pantai Kesirat, yakni keberadaan pohon abadi yang disebut Pohon Gebangkoro. Banyak yang menjadikan Pantai Kesirat sebagai foto prewedding atau pemotretan biasa lantaran pemandangan di sana unik dan benar-benar menakjubkan. Selain memiliki panorama yang menarik, pantai yang terletak di Girikarto, Jogja juga menjadi surga tersembunyi bagi Anda yang hobi memancing. Tarif masuk ke Pantai Kesirat murah kok, hanya Rp5.000 saja per orang, sedangkan biaya parkir motor hanya Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Pantai Kesirat - jogjaempatroda.blogspot.co.id
Pantai Kesirat – jogjaempatroda.blogspot.co.id

Pantai Pok Tunggal

Air laut yang jernih dan pasir putih yang kecokelatan bisa Anda lihat dan nikmati langsung ketika mampir ke Pantai Pok Tunggal. Seperti halnya Pantai Kesirat, Pantai Pok Tinggal memiliki sebuah pohon duras yang menjadi ikon tersendiri di tempat menawan ini. Selain menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam alias sunset, Pantai Pok Tunggal juga bisa jadi tempat yang asyik untuk camping dengan teman-teman loh.  Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000, untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk minibus. Jika Anda ingin menyewa area camping cukup merogoh kocek mulai Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk setiap tenda per malamnya.

Pantai Pok Tunggal - lookjogja.blogspot.co.id
Pantai Pok Tunggal – lookjogja.blogspot.co.id

Pantai Nglambor

Satu lagi pantai di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta yang sangat layak untuk dikunjungi. Pantai tersebut bernama Pantai Nglambor. Pantai Nglambor merupakan tempat yang terkenal akan kegiatan snorkeling-nya. Air lautnya yang jernih membuat para pengunjung bisa sangat leluasa menyaksikan karang, rumput laut, ikan, dan aneka pemandangan bawah laut yang terbaik di Pantai Nglambor. Tak heran jika Pantai Nglambor juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara seperti dari Belanda, Perancis, dan

Untuk masuk ke Pantai Nglambor, Anda akan diminta membayar tiket seharga Rp6.000 saja, tarif tersebut terbilang naik dari tahun lalu yang hanya Rp5.000. Berbeda lagi untuk biaya parkir motor hanya Rp2.000 dan parkir kendaraan roda empat seperti mobil Rp5.000. Sedangkan, untuk sewa alat snorkel biayanya mulai Rp50 ribu. Biaya tersebut meliputi sewa masker, snorkel, dan sepatu karet, serta 3 frame foto underwater. Keren kan? Traveling itu tak butuh biaya terlalu mahal kok!

Pantai Nglambor - www.cakrawalatour.com
Pantai Nglambor – www.cakrawalatour.com

Pantai Jogan

Kapan lagi berkunjung ke sebuah pantai tapi bisa mendapat bonus pemandangan air terjun? Yup, pengalaman itu semua bisa Anda peroleh ketika mengunjungi Pantai Jogan. Pantai Jogan lokasinya ada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung, atau sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja. Tak seperti pantai pada umumnya, Pantai Jogan memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut. Air terjun di Jogan ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dan Pantai Jogan nyaris tak mempunyai pasir pantai untuk membatasi wilayah daratan dan lautan. Tetapi pantai ini berbatasan langsung dengan tebing. Oleh sebab itu pemandangan di Pantai Jogan terasa unik dan tak bisa Anda temukan di tempat lainnya.

Untuk dapat menikmati semua view di atas, Anda hanya merogoh kocek tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Pihak pengelola Pantai Siung Jogan menetapkan tarif parkir yang berbeda pada masing-masing kendaraan. Tarif parkir sepeda motor sebesar Rp3.000, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20 ribu bus.

Pantai Jogan - paketwisatajogja75.com
Pantai Jogan – paketwisatajogja75.com

Pantai Glagah

Anda sudah pernah melihat laguna? Nah, jika belum, maka Anda perlu berkunjung ke Pantai Glagah. Pantai Glagah menawarkan wisata laguna yang jarang ada di lokasi wisata lain. Laguna tersebut berada di sebelah barat Dermaga Wisata, tempat yang membagi Pantai Glagah menjadi 2 area. Area yang satu berisi gundukan pasir dan langsung berbatasan dengan laut, sedangkan area lainnya ditumbuhi tanaman pantai dan rumput yang hijau. 

Pada bagian cekungan air mirip danau tersebut Anda bisa mencoba berbagai wahana wisata air seperti berkeliling laguna dengan perahu, berenang, atau naik kano yang disewakan oleh pengelola Pantai Glagah. Bahkan di Pantai Glagah juga banyak pemecah karang yang membuat suasana di sana seolah tidak jauh berbeda seperti pantai-pantai di Korea Selatan. Benar-benar tempat kekinian yang wajib dikunjungi. Tiket masuk menuju Pantai Glagah juga terbilang murah. Anda cukup membayar Rp5.000 per orang dan biaya parkir untuk motor Rp3.000, Rp10.000 mobil, dan bus Rp20.000.

Pantai Glagah - www.triptrus.com
Pantai Glagah – www.triptrus.com

Pantai Ngrenehan

Sebagian besar wisatawan menyebut Pantai Glagah dengan Private Beach alias Pantai Pribadi. Mengapa demikian? Tentu saja karena lokasi Pantai Ngrenehan yang masih sepi pengunjung. Ini semua bukan tanpa sebab, pasalnya akses menuju ke Pantai Ngrenehan memang cukup sulit dibandingkan pantai lain. Sepintas pemandangan di Pantai Ngrenehan mirip seperti pantai yang dijadikan tempat syuting drama Korea Descendant of The Sun loh! Ingat kan, adegan saat ada kapal karam berukuran besar di sebuah pantai yang sepi? 

Pantai Ngrenehan memiliki pemandangan yang kurang lebih hampir sama seperti itu. Bedanya, tebing-tebing tinggi di pinggir kiri dan kanan Pantai Ngrenehan masih berwarna serba hijau. Karena di sana hampir tak ada ombak, Anda bisa berenang dengan bebas di Pantai Ngrenehan. Untuk dapat menikmati kawasan wisatanya, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Biaya parkir ditaksir mulai Rp2.000 – Rp10.000 tergantung kendaraan.

Pantai Ngrenehan - www.ragamtempatwisata.com
Pantai Ngrenehan – www.ragamtempatwisata.com

Nah, itu tadi 7 Pantai di Jogja yang memiliki daya tarik tersendiri dan patut Anda kunjungi. Anda dapat menyewa agen travel untuk mendatangi pantai-pantai tersebut.

[Ditta]

Lihat Juga:   Villa W, Akomodasi Keluarga Rp400 Ribuan Dekat Dinas Peternakan Kota Batu




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan